Kamis, 30/05/2024 - 13:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Terdampak Lahar Dingin, Pembangunan Jembatan Mujur II Ditarget Rampung Sebulan

 SURABAYA — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono meminta perbaikan jembatan dan DAM yang rusak akibat terjangan banjir lahar dingin Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang bisa diselesaikan sesegera mungkin. Seperti diketahui, sedikitnya ada enam jembatan yang mengalami kerusakan berat akibat banjir lahar dingin tersebut.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Kami tidak ingin ada jeda, jadi jembatan yang rusak begitu juga perbaikan DAM akan segera dilakukan menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) BPBD Provinsi Jatim,” kata Adhy, Selasa (23/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Salah satu jembatan yang mengalami kerusakan ialah Jembatan Mujur II yang berlokasi Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Jembatan Mujur II adalah jembatan yang menghubungkan Desa Kloposawit dan Desa Tumpeng. 

Berita Lainnya:
Sekawanan Domba Lepas di JLNT Casablanca, Lalu Lintas Sempat Macet

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Khusus Jembatan Mujur II Keloposawit, Adhy menargetkan perbaikannya bisa selesai dalam waktu satu bulan lebih satu pekan. Adhy meyakini terget tersebut bisa tercapai. Tahun lalu, kata dia, dengan kerusakan yang lebih parah, perbaikan bisa dirampungkan dalam waktu dua bulan.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kepala Dinas PU Bina Marga menyanggupi proses perbaikan Jembatan Mujur II Keloposawit bisa dilakukan dalam kurun waktu satu bulan lebih satu minggu. Tahun lalu bisa lebih cepat dari target, jadi (tahun ini) semoga bisa lebih cepat dari itu,” ujarnya. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
BNPB: Prabowo Ikut Pantau Penanganan Banjir Lahar Dingin
ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

Jembatan Mujur II yang tahun lalu juga sempat terputus akibat terjangan lahar dingin Gunung Semeru, baru diresmikan Khofifah Indar Parawansa pada 20 September 2023. Saat itu, Jembatan Mujur II Kloposawit dibangun dengan alokasi anggaran mencapai Rp 11 miliar.

 

Jembatan yang memiliki panjang 39 meter dan lebar 5,1 meter saat itu dibangun dengan menggunakan konstruksi bailey atau rangka baja. Khofifah saat itu menyebutkan, umur jembatan diperkirakan bisa mencapai 50 tahun. Namun belum sampai setahun, jembatan kembali terputus akibat bencana serupa.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi