Sabtu, 27/07/2024 - 09:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ciri Seseorang Punya Tinja Sehat Dilihat dari Warna, Bentuk, dan Frekuensi BAB

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Perubahan pada tinja dapat menandakan berbagai kondisi kesehatan yang mendasarinya. Beberapa contohnya adalah gizi buruk, infeksi, masalah organ, gangguan pencernaan, dan kanker. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Selain itu, warna, konsistensi, bentuk, dan frekuensi buang air besar dapat memberikan petunjuk tentang cara kerja tubuh Anda. Berikut merupakan sembilan tanda feses yang sehat:

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

1. Warna feses sedang-gelap 

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Dilansir laman Best Life, Selasa (23/4/2024), seorang dokter dan penulis medis untuk Invigor medical, Leann Poston, menjelaskan feses harus berwarna cokelat sampai cokelat muda dan bukan abu-abu, kuning, hitam, atau merah. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Feses yang pucat atau berwarna terang dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang memengaruhi sistem empedu yang berfungsi sebagai sistem drainase untuk pankreas, hati, dan kantor empedu. Dokter naturopati Janine Bowring, ND, dalam postingan TikTok baru-baru ini menjelaskan feses berwarna terang dan mengambang menunjukkan seseorang memiliki masalah hati dan kandung empedu yang perlu diatasi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Bowring merekomendasikan mengonsumsi suplemen kunyit dengan konsentrasi kurkumin tinggi untuk meningkatkan fungsi hati dan kandung empedu. Penting juga mendiskusikan kekhawatiran Anda dengan dokter. 

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

2. Tidak menunjukkan tanda-tanda darah

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Jika buang air besar Anda jauh lebih gelap dari biasanya atau tampak seperti lembek, ini bisa menjadi tanda pendarahan internal di saluran pencernaan bagian atas atau perut. Gastroenterologi bersertifikat di Gastroenterology Associates of New Jersey, Natasha Chhabra MD, mengatakan darah merah cerah menunjukkan pendarahan usus bagian bawah seperti dari usus besar.

Berita Lainnya:
BRIN Kembangkan Senyawa Radioprotektif Bahan Alami untuk Terapi Kanker
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Keduanya bisa terjadi karena sesuatu yang Anda konsumsi,” kata Chhabra. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gastroenterologi jika melihat gejala ini. 

3. Tidak mengambang

Menurut Bowring, jika feses Anda mengambang dan konsistensinya berminyak, ini mengindikasikan malabsorbsi nutrisi atau infeksi saluran cerna. Namun, tinja yang mengambang jarang menunjukkan adanya masalah kesehatan jika itu adalah satu-satunya gejala yang Anda alami. Hal ini paling sering disebabkan oleh perubahan pola makan, atau peningkatan gas di usus. 

4. Bentuk feses tetap

Cara berikutnya, menurut Bowring, untuk menentukan apakah Anda memiliki feses yang sehat adalah dengan memperhatikan apakah bentuknya tetap atau tidak. Dia mengatakan kalau feses sehat yaitu yang bagus, panjang, dan terbentuk, tetapi fesesnya pecah sedikit saat Anda menyiram toilet. Artinya, fesesnya tidak terlalu padat. 

Poston setuju bahwa tinja harus berbentuk tetapi tidak setipis pensil atau seperti kerikil. “Tinja setipis pensil mungkin mengindikasikan adanya penyempitan di usus, sedangkan tinja yang keras dan seperti kerikil sering terjadi pada sembelit,” ujar Poston. 

5. Tidak berair

Berita Lainnya:
Bayi Baru Lahir Jangan Dipakaikan Sarung Tangan, Ini Alasannya

Poston mengatakan jika tinja encer, ini menandakan ampas mengalir melalui usus terlalu cepat. Dia menjelaskan air tidak diserap kembali ke dalam tubuh dan hilang melalui tinja. 

“Lembek, berair, dan sering buang air besar menandakan diare,” kata Chhabra. Dia mengatakan, ada berbagai kemungkinan penyebab yang mendasarinya, termasuk infeksi, pola makan, obat-obatan, atau kondisi pencernaan seperti radang usus besar. 

6. Feses keluar tanpa tekanan

Poston mengatakan jika feses Anda sehat, feses tersebut harus “cukup lembut untuk berbentuk C dan mudah dikeluarkan tanpa mengejan”. Dia menambahkan tinja yang terlalu keras bisa menjadi tanda dehidrasi. 

Selain itu, Cleveland Clinic mengatakan jika Anda sering mengejan saat buang air besar, hal ini dapat menyebabkan komplikasi tertentu, termasuk wasir, retakan, dan kerusakan otot atau saraf. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda sering memiliki feses yang keras, sering mengejan, ketidakmampuan untuk buang air besar sepenuhnya, atau kurang dari tiga kali buang air besar per pekan. 

7. Feses langsung turun ke dalam pipa kloset tanpa dibilas

Bowring mengatakan, tanda lain bahwa usus sehat adalah saat feses Anda langsung turun ke dalam pipa kloset. “Jika Anda memiliki feses seperti ini, Anda mungkin menjadi orang paling sehat di planet ini,” kata Bowring dalam postingan TikTok baru-baru ini.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah

1 2

Reaksi & Komentar

الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِندَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلًا الكهف [46] Listen
Wealth and children are [but] adornment of the worldly life. But the enduring good deeds are better to your Lord for reward and better for [one's] hope. Al-Kahf ( The Cave ) [46] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi