Sabtu, 25/05/2024 - 12:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ciri Seseorang Punya Tinja Sehat Dilihat dari Warna, Bentuk, dan Frekuensi BAB

JAKARTA — Perubahan pada tinja dapat menandakan berbagai kondisi kesehatan yang mendasarinya. Beberapa contohnya adalah gizi buruk, infeksi, masalah organ, gangguan pencernaan, dan kanker. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Selain itu, warna, konsistensi, bentuk, dan frekuensi buang air besar dapat memberikan petunjuk tentang cara kerja tubuh Anda. Berikut merupakan sembilan tanda feses yang sehat:

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

1. Warna feses sedang-gelap 

Dilansir laman Best Life, Selasa (23/4/2024), seorang dokter dan penulis medis untuk Invigor medical, Leann Poston, menjelaskan feses harus berwarna cokelat sampai cokelat muda dan bukan abu-abu, kuning, hitam, atau merah. 

Feses yang pucat atau berwarna terang dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang memengaruhi sistem empedu yang berfungsi sebagai sistem drainase untuk pankreas, hati, dan kantor empedu. Dokter naturopati Janine Bowring, ND, dalam postingan TikTok baru-baru ini menjelaskan feses berwarna terang dan mengambang menunjukkan seseorang memiliki masalah hati dan kandung empedu yang perlu diatasi. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Bowring merekomendasikan mengonsumsi suplemen kunyit dengan konsentrasi kurkumin tinggi untuk meningkatkan fungsi hati dan kandung empedu. Penting juga mendiskusikan kekhawatiran Anda dengan dokter. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

2. Tidak menunjukkan tanda-tanda darah

Jika buang air besar Anda jauh lebih gelap dari biasanya atau tampak seperti lembek, ini bisa menjadi tanda pendarahan internal di saluran pencernaan bagian atas atau perut. Gastroenterologi bersertifikat di Gastroenterology Associates of New Jersey, Natasha Chhabra MD, mengatakan darah merah cerah menunjukkan pendarahan usus bagian bawah seperti dari usus besar.

ADVERTISEMENTS

“Keduanya bisa terjadi karena sesuatu yang Anda konsumsi,” kata Chhabra. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gastroenterologi jika melihat gejala ini. 

ADVERTISEMENTS

3. Tidak mengambang

Berita Lainnya:
Kiat Lakukan Diet Sehat Bagi Penderita Obesitas

Menurut Bowring, jika feses Anda mengambang dan konsistensinya berminyak, ini mengindikasikan malabsorbsi nutrisi atau infeksi saluran cerna. Namun, tinja yang mengambang jarang menunjukkan adanya masalah kesehatan jika itu adalah satu-satunya gejala yang Anda alami. Hal ini paling sering disebabkan oleh perubahan pola makan, atau peningkatan gas di usus. 

4. Bentuk feses tetap

Cara berikutnya, menurut Bowring, untuk menentukan apakah Anda memiliki feses yang sehat adalah dengan memperhatikan apakah bentuknya tetap atau tidak. Dia mengatakan kalau feses sehat yaitu yang bagus, panjang, dan terbentuk, tetapi fesesnya pecah sedikit saat Anda menyiram toilet. Artinya, fesesnya tidak terlalu padat. 

Poston setuju bahwa tinja harus berbentuk tetapi tidak setipis pensil atau seperti kerikil. “Tinja setipis pensil mungkin mengindikasikan adanya penyempitan di usus, sedangkan tinja yang keras dan seperti kerikil sering terjadi pada sembelit,” ujar Poston. 

5. Tidak berair

Poston mengatakan jika tinja encer, ini menandakan ampas mengalir melalui usus terlalu cepat. Dia menjelaskan air tidak diserap kembali ke dalam tubuh dan hilang melalui tinja. 

Berita Lainnya:
Mau Anak Punya Kekebalan Tubuh Spesifik? Ini yang Harus Dilakukan Menurut Dokter

“Lembek, berair, dan sering buang air besar menandakan diare,” kata Chhabra. Dia mengatakan, ada berbagai kemungkinan penyebab yang mendasarinya, termasuk infeksi, pola makan, obat-obatan, atau kondisi pencernaan seperti radang usus besar. 

6. Feses keluar tanpa tekanan

Poston mengatakan jika feses Anda sehat, feses tersebut harus “cukup lembut untuk berbentuk C dan mudah dikeluarkan tanpa mengejan”. Dia menambahkan tinja yang terlalu keras bisa menjadi tanda dehidrasi. 

Selain itu, Cleveland Clinic mengatakan jika Anda sering mengejan saat buang air besar, hal ini dapat menyebabkan komplikasi tertentu, termasuk wasir, retakan, dan kerusakan otot atau saraf. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda sering memiliki feses yang keras, sering mengejan, ketidakmampuan untuk buang air besar sepenuhnya, atau kurang dari tiga kali buang air besar per pekan. 

7. Feses langsung turun ke dalam pipa kloset tanpa dibilas

Bowring mengatakan, tanda lain bahwa usus sehat adalah saat feses Anda langsung turun ke dalam pipa kloset. “Jika Anda memiliki feses seperti ini, Anda mungkin menjadi orang paling sehat di planet ini,” kata Bowring dalam postingan TikTok baru-baru ini.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi