Sabtu, 04/05/2024 - 15:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ibu, Hindari Kesalahan ini Ketika Mengukur Balita

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Ahli gizi sekaligus founder Gizi Nusantara Esti Nurwanti memaparkan tata cara pengukuran balita yang tepat dan akurat untuk menghindari kesalahan. “Tata cara pengukuran panjang dan berat badan pada balita harus menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi, di antaranya permukaan timbangan atau stadiometer yang tidak rata, popok basah yang tidak dilepas, masih memakai baju atau celana tebal seperti jaket, jeans, dan lain sebagainya,” kata Esti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, (24/4/2024). 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Selain itu, ia juga mengemukakan ada beberapa faktor pengukuran balita bisa tidak akurat, di antaranya kaki menggantung, bayi atau balita membawa mainan, bayi atau balita berpegang pada ibu maupun pengasuh, tumit atau tempat bagian tubuh lainnya tidak menempel, bayi atau balita bergerak-gerak, sudut baca pengukur masih salah, dan pembulatan hasil panjang dan berat badan bayi atau balita.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
IDI Ingatkan Ibu Hamil Jaga Nutrisi dan Periksa Kandungan untuk Cegah Stunting
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Hal-hal tersebut merupakan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada saat pengukuran dan dapat mengurangi akurasi hasil pengukuran panjang dan berat badan bayi atau balita,” ujar Esti.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Esti dan tim juga mengenalkan alat pengukur antropometri yang sesuai standar, di antaranya alat ukur baby scale untuk bayi, alat ukur berat badan injak digital untuk balita, alat ukur panjang badan (infantometer atau length board), alat ukur tinggi badan (stadiometer), pita lila untuk anak usia enam sampai 59 bulan, dan alat ukur lingkar lengan atas dan lingkar kepala.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sebelumnya, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo mengemukakan bahwa mengukur balita harus dilakukan dengan baik karena hasil pengukuran berat badan terhadap panjang badan balita atau anak sangat penting.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Mitoni, Wujud Kearifan Lokal untuk Perangi Stunting

“Sebagai contoh, berat badan terhadap umur. Ketika berat badan balita atau anak mengalami underweight atau berat badan lebih rendah dari standar umur yang ada, dan berlangsung terus menerus, itu tanda jika anak tersebut pertumbuhan otaknya akan terganggu,” ujar Hasto.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia juga menyebutkan, berat badan berpengaruh terhadap panjang badan karena menentukan kesehatan balita, juga menjadi indikator stunting. “Berat badan terhadap tinggi/panjang badan menjadi tanda bahwa anak itu sehat atau tidaknya. Dari yang kita ketahui, stunting secara keseluruhan mencerminkan kemampuan perkembangan otak. Dan stunting pasti pendek, namun pendek belum tentu stunting,” ucapnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Menurut dia, secara umum kelompok orang yang pendek, pertumbuhan otak dan kemampuan kecerdasannya berbeda dibandingkan mereka yang pertumbuhannya lebih optimal.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi