Senin, 06/05/2024 - 06:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Kasus Rawat Inap Akibat Vape Melonjak di Kalangan Anak Inggris, Ada yang Masih Balita

ADVERTISEMENTS

Anak sakit (ilustrasi). Ada 11 balita Inggris yang menjalani rawat inap akibat vape pada 2023.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Jumlah anak yang harus dirawat di rumah sakit akibat vape mengalami lonjakan hingga lebih dari 700 persen di Inggris. Yang tak kalah mengejutkan, kasus ini ditemukan pada berbagai rentang usia anak, termasuk anak di bawah umur lima tahun atau balita.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut laporan dari National Health Service (NHS), jumlah pasien dari segala usia yang mengalami gangguan akibat vape dan membutuhkan perawatan di rumah sakit mengalami peningkatan sebesar 276 persen sejak 2020. Sedangkan pada kelompok remaja dan lebih muda, peningkatan kasusnya mencapai 733 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Per tahun lalu, para dokter melaporkan ada sekitar 365 pasien yang dirawat di rumah sakit karena mengalami gangguan akibat vape. Sekitar 50 pasien di antaranya merupakan anak-anak dan 11 dari pasien anak-anak ini masih berusia di bawah lima tahun.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Heran Mengapa Gigi Jadi Kuning? Jangan-Jangan Anda Lakukan Kesalahan Sederhana Ini

Salah satu gangguan akibat vape yang ditemukan pada anak-anak adalah kecanduan nikotin. Sejumlah guru telah melaporkan bahwa murid mereka mengalami gejala-gejala kecanduan nikotin yang membuat kerap kehilangan fokus saat sedang di kelas.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Seperti diketahui, vape juga memiliki nikotin seperti rokok konvensional. Kadar nikotin yang terdapat di dalam vape atau rokok elektrik bisa berbeda-beda.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Kadar nikotin yang dilegalkan untuk cairan vape di Inggris adalah 20 mg/ml. Sebagai perbandingan, merek vape populer di Inggris, yaitu The Elf Bar 600 memiliki nikotin yang setara dengan 48 batang rokok konvensional. Dengan kata lain, 12,5 puff dari vape ini setara dengan 1 batang rokok.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dokter Sebut tak Merokok Dapat Cegah Pneumonia

Studi yang dilakukan oleh peneliti di Medical University of Silesia di Polandia juga menemukan bahwa vape memiliki toksin berbahaya, meski kerap dipasarkan sebagai alternatif rokok yang lebih sehat. Hal serupa juga disampaikan oleh drg Onkar Mudhar.

Menurut drg Mudhar, nikotin dari vape bisa membuat mulut kering dan mengurangi produksi liur. Akibatnya, bakteri dan makanan bisa menumpuk lebih mudah dan menyebabkan iritasi.

Selain itu, mengacu pada data kasus rawat inap terkait vape di Inggris pada 2022, sebagian besar gangguan yang dialami oleh pasien adalah masalah pernapasan. Masalah pernapasan ini berupa sesak napas, nyeri dada, peradangan paru, dan dalam kasus yang berat, dapat terjadi gagal napas.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi