Minggu, 05/05/2024 - 07:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Unhas Peroleh Kontrak Ekspor Senilai Rp 8,4 Miliar di Ekspo Mesir

ADVERTISEMENTS

MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Direktorat Inkubasi Bisnis Teknologi dan Science Techno Park (IBT STP) atau PT Hadin Metavisi Akademika memperoleh bantuan pendanaan kontrak ekspor senilai Rp 8,4 miliar

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Bantuan pendanaan ini diperoleh PT Hadin saat mengikuti kegiatan pameran Cafex Expo yang berlangsung di Egypt International Exhibitions Center (EIEC) Kairo, Mesir, pada 18-20 April 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas Prof Adi Maulana di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (25/4/2024), mengatakan, hal itu sudah menjadi usaha Unhas sebagai PTNBH dalam memperluas jaringan bisnis, tidak hanya di dalam tapi juga luar negeri.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Tentu juga ini bagian dari upaya menjadi enterpreneur university,” ujar Adi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Menurut dia, ekosistem kewirausahaan di Unhas sudah baik. Pihak universitas telah membuat regulasi yang kemudian membuat inovasi dan invensi yang dihasilkan oleh para dosen dan peneliti, kemudian di-scale up dan spin off untuk masuk ke pasar atau hilirisasi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Ini Beberapa Keuntungan Memiliki Perpustakaan Digital Bagi Kampus

“Selama ini sebagian besar produk-produk hasil penelitian hanya sampai pada prototipe dan berakhir di lemari-lemari pameran sebagai bahan etalase,” ujar Adi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Rektor Unhas, lanjut dia, juga telah membuat kebijakan hilirisasi dan meminta Wakil Rektor IV untuk mengawal program ini.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Satu bulan, kami ditargetkan untuk bisa melakukan hilirisasi produk ke pasar minimal satu produk. Produk cokelat dan kopi dari Unhas yang selama ini memang dikenal mempunyai kualitas yang baik kemudian dilirik oleh investor luar negeri, terutama dari Mesir,” kata dia.

Kerja sama bisnis itu tercipta, kata dia, diawali kunjungan rombongan Unhas yang dipimpin oleh Wakil Rektor IV ke beberapa Universitas di Mesir pada aw 2023 ketika diundang untuk mengikuti pameran cokelat dan kopi terbesar di Afrika yaitu Cafex Expo di Mesir.

Berita Lainnya:
Rektor Unhas Tegaskan tak Ada Orang Dalam di SNPMB

Di dalam pameran itu kemudian dilakukan temu bisnis dan Unhas yang diwakili oleh Direktur STP menandatangani MoU kerja sama bisnis ini. Diharapkan demikian, diharapkan produk-produk Unhas akan semakin banyak yang bisa dihilirisasi dan masuk pasar, sehingga nilai tambah semakin meningkat.

Direktur IBT STP Unhas Fauzi Rahim menyampaikan capaian tersebut merupakan yang pertama kali bagi Unhas, dengan penandatanganan kontrak ekspor senilai Rp8,4 miliar yang merupakan bagian dari nilai kontrak produk makanan minuman senilai 15,68 juta dolar AS atau setara Rp 253 miliar selama Cafex Expo.

Mengutip informasi Duta Besar RI untuk Mesir Dr Lutfi Rauf, transaksi terbesar Indonesia pada pameran tersebut diperoleh dari produk biji kopi Indonesia, bubuk kakao, kelapa dan turunannya seperti briket arang.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi