Selasa, 07/05/2024 - 15:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Tips Lolos Tes BUMN: Kenali dan Perbanyak Latihan Soal

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Menjadi bagian dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan impian banyak orang. Tapi, jalan menuju ke sana tidaklah mudah. CEO Jadibumn Alif Hijriah mengatakan, persiapan yang matang sangat krusial menjelang tes BUMN.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Latihan yang terarah melalui platform yang tepat, terutama aplikasi yang fokus pada pembelajaran secara online tes RBB BUMN 2024, harus dilakukan secara berulang-ulang. Dengan pendekatan ini, peluang untuk berhasil lolos tes BUMN akan terbuka lebar,” kata Alif dalam siaran pers, Kamis (25/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Alif kemudian memberikan sejumlah kiat jitu yang dapat membantu lolos dalam seleksi tersebut. Pertama, yakni perlunya melatih kemampuan dasar. Untuk menguji kemampuan dasar calon karyawan, tes BUMN seringkali mencakup beberapa jenis soal.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ada beberapa strategi untuk menghadapinya. Pertama soal word classification. Di dalam tes itu, peserta akan dihadapkan dengan 25 soal dalam waktu 18 menit. Tugas peserta adalah mengelompokkan jenis kata, seperti kata kerja, kata benda, dan kata sifat dengan cepat dan tepat.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Menyayat Hati, Korban Kecelakaan di Tol Jakarta Cikampek KM 58 Ternyata Ingin Mudik untuk Jadi Wali Nikah Kakak Perempuannya: Mah, Aa' Mau Pulang

“Kedua, soal number sequence. Tes itu menilai kemampuan peserta dalam memecahkan deretan angka. Dalam 27 menit, peserta harus dapat menyelesaikan 25 soal dengan akurat dan cepat,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ketiga, soal verbal logic reasoning. Alif menjelaskan, tes itu menguji kemampuan analitis peserta dalam memahami bacaan. Dengan waktu hanya 8 menit, para peserta harus dapat menyelesaikan 25 soal dengan baik.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Keempat soal diagram reasoning. Pada tes itu, kemampuan analisis visual para peserta akan diuji dalam tes ini. Dalam waktu 20 menit, peserta harus mampu menjawab 25 soal dengan cermat.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ketua MK Suhartoyo yang Menolak Gugatan 01 dan 03, Ternyata Sempat Terseret Kasus BLBI

“Untuk membantu berlatih, tersedia soal-soal RBB BUMN gratis yang dapat diunduh di jadibumn.id. Dengan melatih diri menggunakan berbagai tipe soal, Anda akan menjadi terlatih dalam mengerjakannya dengan cepat, tepat, dan teliti,” kata dia.

Selain latihan soal, hal lain yang juga perlu dipersiapka  adalah akhlak yang baik. Sebab, selain kemampuan teknis, BUMN juga mengedepankan nilai-nilai akhlak yang baik pada calon karyawan.

Ada beberapa aspek akhlak yang perlu dipersiapkan, yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Menurut Alif, dengan memahami dan menginternalisasi nilai-nilai itu, peserta akan menjadi kandidat yang lebih menonjol di mata seleksi BUMN.

“Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan BUMN. Dengan persiapan yang matang dan komitmen yang kuat, kesuksesan ada di depan mata,” jelas dia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi