Rabu, 15/05/2024 - 22:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya

Terlalu lama menggulir (scrolling) ponsel hingga tak kenal waktu dapat berdampak pada fokus dan kehidupan sosial di dunia nyata.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Ketika kehidupan kita semakin beralih ke dunia daring, bukan rahasia lagi bahwa ketergantungan kita pada ponsel pintar juga meningkat. Namun hal ini dapat menyebabkan perilaku tidak sehat, seperti terus-menerus menelusuri media sosial atau terpaku pada layar kecil selama berjam-jam.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dilansir CNET, Selasa (30/4/2024), terpaku pada ponsel tidak hanya berdampak pada ingatan dan fokus, tetapi juga berdampak buruk pada hubungan di kehidupan-kehidupan nyata. Misalnya, jika setiap orang mengeluarkan ponselnya saat makan malam, hal itu dapat mengurangi kualitas waktu yang dihabiskan bersama. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Seorang profesor di University of California, Berkeley, Amerika Serikat (AS), Juliana Schroeder mengungkapkan manusia tidak siap melakukan banyak tugas dengan cara seperti itu. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Apple Luncurkan iPad Pro Terbaru, Desain Tipis dan Ringan dengan Chip M4 Terbaru

“Ini menghilangkan fokus dari interaksi-interaksi luring,” ujar Schroeder. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dapat dimengerti bahwa ada peningkatan fokus pada dampak waktu menatap layar terhadap pikiran anak muda dan rentan yang masih dalam tahap perkembangan. Instagram menimbulkan kemarahan di kalangan pendukung anak ketika mereka mengumumkan rencana pada 2021 untuk meluncurkan platform untuk anak-anak di bawah 13 tahun. Ini sebuah upaya yang akhirnya ditunda oleh perusahaan tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Perusahaan induknya, Meta (saat itu Facebook), mendapat kecaman setelah peneliti mereka menemukan bahwa Instagram “berbahaya bagi sebagian besar“ pengguna muda, terutama para remaja perempuan. Pesaing TikTok juga mendapat banyak kritik karena menampilkan konten berbahaya. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Tips Mental Sehat Setelah Libur Lebaran, Hindari Kebanyakan Scrolling Medsos

Meskipun umpan “For You” pada aplikasi berfungsi dengan baik dalam menunjukkan minat para pengguna, umpan tersebut berfungsi dengan baik dalam menjerat Anda selama berjam-jam. Antarmukanya yang ramping dirancang untuk membuat Anda terus menelusuri. 

ADVERTISEMENTS

Android dan iOS memiliki alat waktu layar untuk membantu Anda mengurangi waktu yang dihabiskan di aplikasi favorit Anda. Para perusahaan media sosial juga telah memperkenalkan langkah-langkah keselamatan dan kesehatan mental untuk mengekang kritik, seperti menyembunyikan likes di Instagram atau membatasi waktu pemakaian perangkat remaja di TikTok secara default. 

ADVERTISEMENTS

TikTok menggunakan kombinasi….

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi