Sabtu, 27/07/2024 - 08:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Mengapa Terbang Melawan Rotasi Bumi tidak Mempercepat Penerbangan?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Beberapa orang sedikit bingung mengapa terbang melawan rotasi Bumi tidak mempercepat waktu penerbangan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

JAKARTA — Beberapa orang sedikit bingung mengapa terbang melawan rotasi Bumi tidak mempercepat waktu penerbangan. Mengenai hal ini, seseorang berpendapat karena Bumi tidak berputar. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Pesawat terbang dari timur ke barat dengan kecepatan 300 mph. Bumi berputar dari barat ke timur dengan kecepatan 1.400 mph di bawah pesawat. Bagaimana pesawat tidak mencapai tujuannya 1.400 mph lebih cepat? Perjalanan pulang juga tidak lebih lama atau lebih pendek. Jawabannya: Bumi tidak berputar,” tulis seseorang tersebut dalam sebuah postingan, dilansir IFL Science, Sabtu (4/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Agar benar-benar adil bagi kelompok Bumi datar yang menulisnya, ini adalah sebuah postingan yang berasumsi banyak hal yang salah tentang fisika. Yang sebenarnya terjadi adalah Anda bergerak bersama Bumi karena gaya semu, atau kecenderungan benda yang bergerak untuk tetap bergerak dalam garis lurus dengan kecepatan yang sama kecuali ada gaya lain yang bekerja padanya. Inilah sebabnya ketika Anda melompat langsung ke udara, baik langsung dari tanah atau di dalam truk tanpa jendela, Anda akan mendarat di tempat Anda memulai. 

Berita Lainnya:
Natalius Pigai Yakin DNA Orang Papua Ada Kesamaan dengan Rusia
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Bergerak ke arah lain memerlukan gaya ke arah tersebut (misalnya lompatan ke depan, atau pesawat yang mengeluarkan massa). Pesawat tidak memiliki sifat-sifat magis yang dapat membebaskan mereka dari gaya semu, sehingga ketika lepas landas dari Bumi yang berputar, mereka harus mengeluarkan energi untuk memindahkan Anda ke (misalnya) Hawai’i.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Kesalahpahaman lain dalam postingan tersebut adalah asumsi bahwa atmosfer kita statis sementara tanah berputar di bawahnya. Hal ini tidak terjadi. 

Berita Lainnya:
Ekspansi Tambang Nikel Picu Deforestasi
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Saat Bumi berputar, ia menyeret sebagian besar atmosfer kita melalui gaya gesekan. Jika atmosfer tidak terseret bersama planet kita, Anda dapat memanfaatkan kecepatan angin relatif yang sangat tinggi untuk mengurangi waktu penerbangan. Tetapi Anda mungkin akan khawatir dengan masalah seperti “penerbangan-penerbangan jauh” ketika Anda terus-menerus dihantam oleh angin yang sangat kencang setiap saat dalam hidup Anda. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Faktanya, terbang ke barat (melawan rotasi Bumi) membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan terbang ke timur. 

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Simple Flying menjelaskan alasan penerbangan-penerbangan yang lebih cepat saat terbang ke arah timur adalah aliran-aliran jet. 

“Sederhananya, ini adalah arus udara sempit yang mengalir cepat di atmosfer yang ditemukan di dataran-dataran tinggi,” ujar Simple Flying

Hal ini memang tidak ada….

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَمَا مَنَعَ النَّاسَ أَن يُؤْمِنُوا إِذْ جَاءَهُمُ الْهُدَىٰ وَيَسْتَغْفِرُوا رَبَّهُمْ إِلَّا أَن تَأْتِيَهُمْ سُنَّةُ الْأَوَّلِينَ أَوْ يَأْتِيَهُمُ الْعَذَابُ قُبُلًا الكهف [55] Listen
And nothing has prevented the people from believing when guidance came to them and from asking forgiveness of their Lord except that there [must] befall them the [accustomed] precedent of the former peoples or that the punishment should come [directly] before them. Al-Kahf ( The Cave ) [55] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi