Selasa, 18/06/2024 - 20:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Mengapa Terbang Melawan Rotasi Bumi tidak Mempercepat Penerbangan?

Beberapa orang sedikit bingung mengapa terbang melawan rotasi Bumi tidak mempercepat waktu penerbangan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Beberapa orang sedikit bingung mengapa terbang melawan rotasi Bumi tidak mempercepat waktu penerbangan. Mengenai hal ini, seseorang berpendapat karena Bumi tidak berputar. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Pesawat terbang dari timur ke barat dengan kecepatan 300 mph. Bumi berputar dari barat ke timur dengan kecepatan 1.400 mph di bawah pesawat. Bagaimana pesawat tidak mencapai tujuannya 1.400 mph lebih cepat? Perjalanan pulang juga tidak lebih lama atau lebih pendek. Jawabannya: Bumi tidak berputar,” tulis seseorang tersebut dalam sebuah postingan, dilansir IFL Science, Sabtu (4/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Agar benar-benar adil bagi kelompok Bumi datar yang menulisnya, ini adalah sebuah postingan yang berasumsi banyak hal yang salah tentang fisika. Yang sebenarnya terjadi adalah Anda bergerak bersama Bumi karena gaya semu, atau kecenderungan benda yang bergerak untuk tetap bergerak dalam garis lurus dengan kecepatan yang sama kecuali ada gaya lain yang bekerja padanya. Inilah sebabnya ketika Anda melompat langsung ke udara, baik langsung dari tanah atau di dalam truk tanpa jendela, Anda akan mendarat di tempat Anda memulai. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Musim Kemarau Segera tiba, Warga Diimbau Mulai Menampung Air

Bergerak ke arah lain memerlukan gaya ke arah tersebut (misalnya lompatan ke depan, atau pesawat yang mengeluarkan massa). Pesawat tidak memiliki sifat-sifat magis yang dapat membebaskan mereka dari gaya semu, sehingga ketika lepas landas dari Bumi yang berputar, mereka harus mengeluarkan energi untuk memindahkan Anda ke (misalnya) Hawai’i.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Kesalahpahaman lain dalam postingan tersebut adalah asumsi bahwa atmosfer kita statis sementara tanah berputar di bawahnya. Hal ini tidak terjadi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Saat Bumi berputar, ia menyeret sebagian besar atmosfer kita melalui gaya gesekan. Jika atmosfer tidak terseret bersama planet kita, Anda dapat memanfaatkan kecepatan angin relatif yang sangat tinggi untuk mengurangi waktu penerbangan. Tetapi Anda mungkin akan khawatir dengan masalah seperti “penerbangan-penerbangan jauh” ketika Anda terus-menerus dihantam oleh angin yang sangat kencang setiap saat dalam hidup Anda. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Nilai Investasi Pembangunan Terminal 2 Bandara Hang Nadim Rp 2,4 Triliun

Faktanya, terbang ke barat (melawan rotasi Bumi) membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan terbang ke timur. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Simple Flying menjelaskan alasan penerbangan-penerbangan yang lebih cepat saat terbang ke arah timur adalah aliran-aliran jet. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Sederhananya, ini adalah arus udara sempit yang mengalir cepat di atmosfer yang ditemukan di dataran-dataran tinggi,” ujar Simple Flying

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Hal ini memang tidak ada….

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَ مِن دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَّقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا الكهف [14] Listen
And We made firm their hearts when they stood up and said, "Our Lord is the Lord of the heavens and the earth. Never will we invoke besides Him any deity. We would have certainly spoken, then, an excessive transgression. Al-Kahf ( The Cave ) [14] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi