Sabtu, 27/07/2024 - 08:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Seberapa Buruk Megakonstelasi Satelit Bagi Astronomi?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Selama beberapa tahun terakhir, planet kita semakin dikelilingi oleh Starlink, OneWeb, dan satelit-satelit “megakonstelasi” lainnya. Kemunculan megakonstelasi-megakonstelasi tersebut memberikan manfaat yang besar bagi umat manusia. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Tetapi jika kita menunggu sebentar, menurut pandangan David Koplow, Profesor Hukum Scott K Ginsburg di Georgetown University Law Center di Washington, DC, hal ini juga akan menimbulkan kerugian besar, termasuk beban yang semakin besar pada bidang astronomi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Kami baru menyadari betapa buruknya gangguan yang terjadi pada teleskop-teleskop berbasis darat dan luar angkasa, dan seiring dengan semakin banyaknya satelit yang melakukan penerbangan, masalahnya akan semakin meningkat,” kata Koplow kepada Inside Outer Space, dilansir Space, Jumat (10/5/2024). 

Berita Lainnya:
BNPB Salurkan Dana Siap Pakai Cegah Kekeringan dan Karhutla di Jawa Tengah
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Kekhawatiran Koplow telah disuarakan dalam beberapa karya ilmiah, yang judulnya menggarisbawahi keraguannya, seperti “Large Constellations of Small Satellites: The Good, the Bad, the Ugly and the Illegal,” serta “Blinded by the Light: Resolving the Conflict Between Satellite Megaconstellations and Astronomy.”

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Sebagian besar dunia berasumsi bahwa hukum internasional yang relevan pada dasarnya mengizinkan perusahaan-perusahaan satelit melakukan apa pun yang mereka inginkan di luar angkasa, sekaligus memaksa observatorium-observatorium untuk beradaptasi sebaik mungkin,” ujar Koplow. 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024
Berita Lainnya:
Populasi Harimau Sumatera Diperkirakan Lebih Dari 150 Ekor

Tetapi pada kenyataannya, rezim hukum tidak sepihak, menurut Koplow para astronom juga memiliki hak hukum untuk menggunakan ruang secara bebas, dan mereka tidak perlu berdiam diri ketika profesi mereka dirusak.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Koplow menunjukkan bahwa, pada 2019, dunia astronomi optik dan radio berubah secara tiba-tiba dan masif ketika gelombang besar pertama satelit Starlink SpaceX diluncurkan ke orbit rendah Bumi. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Terkejut dengan kecerahan yang tiba-tiba dari pesawat ruang angkasa tersebut, dan khawatir dengan prospek penerusnya, observatorium bergegas untuk merespons,” katanya. 

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Mereka melakukannya dengan….

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَمَا مَنَعَ النَّاسَ أَن يُؤْمِنُوا إِذْ جَاءَهُمُ الْهُدَىٰ وَيَسْتَغْفِرُوا رَبَّهُمْ إِلَّا أَن تَأْتِيَهُمْ سُنَّةُ الْأَوَّلِينَ أَوْ يَأْتِيَهُمُ الْعَذَابُ قُبُلًا الكهف [55] Listen
And nothing has prevented the people from believing when guidance came to them and from asking forgiveness of their Lord except that there [must] befall them the [accustomed] precedent of the former peoples or that the punishment should come [directly] before them. Al-Kahf ( The Cave ) [55] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi