Selasa, 18/06/2024 - 13:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Indonesia Optimistis Rebut Satu Persen Pangsa Pasar Furnitur Dunia

JAKARTA — Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) optimistis Indonesia dapat merebut satu persen pangsa pasar furnitur dunia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam acara Furniture Industry Gathering di Jakarta, Rabu (22/5/2024), Ketua Umum Asmindo Dedy Rochimat mengutip data Statista 2024, menyebut potensi pasar furnitur global diproyeksikan mencapai 766 miliar AS (sekitar Rp 12,26 kuadriliun) pada 2024. Apabila Indonesia bisa merebut satu persen pangsa pasar dunia maka industri furnitur Indonesia berpotensi menghasilkan pendapatan sebesar 7 miliar dolar AS (sekitar Rp 112 triliun).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Asmindo tetap yakin dan optimistis Indonesia dapat merebut 1 persen pangsa pasar mebel dunia ke depan,” ungkap Dedy.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Untuk mencapai target tersebut, Dedy mengatakan Asmindo terus berupaya mendorong peningkatan pasar domestik dan mancanegara melalui berbagai program. Di pasar domestik, Asmindo telah melakukan kerja sama (MoU) dengan PT Bina Karya untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan produk furnitur dan kerajinan anggota Asmindo yang mayoritas adalah usaha kecil dan menengah (UKM).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Gudang LPG Terbakar di Bali, Pertamina: Diduga Tempat Pengoplosan

Sementara itu untuk meningkatkan pasar luar negeri, Asmindo terus mendorong pasar ekspor melalui berbagai pameran, seperti pameran furnitur dan interior Kofurn 2023 di Korea Selatan, Pameran Indeks Dubai 2024, dan Pameran Furnitur dan Desain IFFINA. “Sebetulnya pasar Afrika juga luar biasa. Afrika ada 54 negara dan penduduk 1,8 miliar jiwa,” kata Dedy.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan di tengah berbagai tantangan ekonomi domestik dan global, industri furnitur Indonesia menunjukkan performa yang positif.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Ia menyebut data selama lima tahun terakhir (2018-2022) menunjukkan peningkatan ekspor produk furnitur yang cukup konsisten, dengan nilai ekspor pada 2022 mencapai 2,9 miliar dolar AS (sekitar Rp 46,4 triliun), naik dari 2,8 miliar dolar AS (Rp 44,8 triliun) dari tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Pasokan Surplus, Badan Pangan Perkuat Cadangan Beras Pemerintah

Teten mengatakan kenaikan ini menunjukkan momentum positif dan optimisme dalam mencapai target ekspor industri furnitur yang ditetapkan pemerintah sebesar 5 miliar dolar AS atau sekira Rp 80 triliun pada 2024.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Asmindo akan kembali menggelar pameran IFFINA di ICE BSD, Tangerang pada 14-17 September 2024. Pada edisi 2023, IFFINA diikuti sekitar 300 perusahaan dan dihadiri oleh lebih dari 10 ribu pengunjung dari 41 negara.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Penyelenggara menargetkan jumlah kunjungan IFFINA 2024 meningkat 50 persen dari tahun lalu. Jumlah transaksi juga diharapkan naik 30 persen dari 200 juta dolar AS (Rp 3,2 triliun) pada 2023 menjadi 500 juta dolar AS (Rp 8 triliun) pada tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُم بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا الكهف [103] Listen
Say, [O Muhammad], "Shall we [believers] inform you of the greatest losers as to [their] deeds? Al-Kahf ( The Cave ) [103] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi