Minggu, 16/06/2024 - 02:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

UI Raih Penghargaan Terbanyak di ONMIPA-PT 2024

JAKARTA — Sebanyak 17 mahasiswa lintas fakultas Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih penghargaan terbanyak dalam ajang Olimpiade Nasional (ON) Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)-Perguruan Tinggi (PT) 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Muhammad Jilan Wicaksono, peraih medali emas bidang Matematika dalam keterangannya di kampus Depok, Rabu (22/5/2024), mengatakan, seleksi di tingkat universitas dilaksanakan sekitar satu hingga dua bulan sebelum seleksi wilayah. Format soal dibuat seperti tingkat wilayah untuk mensimulasikan tes sebenarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Pada tahapan ini, UI mengirimkan 19 mahasiswa ke tingkat nasional dan berkompetisi dengan 260 peserta lainnya yang berasal dari 89 perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” kata Jilan.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Jovan Alfian Djaja, peraih medali emas bidang Fisika menuturkan mahasiswa UI dari rumpun sainsteknologi dan kesehatan bertanding untuk mendapatkan satu dari lima posisi kontingen UI untuk setiap bidang (Matematika, Biologi, Kimia, Fisika).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Lima mahasiswa terbaik di setiap bidang kemudian diberikan pelatihan/ pembinaan oleh dosen pembimbing masing-masing bidang dan para peraih medali yang lalu sebagai persiapan untuk menghadapi tingkat wilayah dan nasional,” kata Jovan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Masih Misteri, Mengapa 8 Tahun Buronan Pembunuh Vina tak Juga Tertangkap?

Pengalaman olimpiade pada jenjang sekolah menengah juga menjadi faktor penentu keberhasilan mahasiswa UI pada ajang ONMIPA 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Muhammad Adyan Dafi, peraih medali emas bidang Kimia, pernah menjadi finalis International Chemistry Olympiad (IChO) 2023. Ia mengatakan, pengalaman ini menjadi salah satu faktor penentu kesuksesannya meraih medali emas bidang kimia pada ONMIPA 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Bidang Matematika, medali emas diraih Muhammad Jilan Wicaksono, Fakultas MIPA angkatan 2022, medali perak diraih Patrick Darian dan Jery, keduanya dari Fakultas MIPA angkatan 2022 dan 2021.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Sementara itu, Brayen Damara, Fakultas MIPA angkatan 2022 dan Mohammad Ferry Husnil Arif, Fakultas Ilmu Komputer angkatan 2021 meraih honorable mention.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Di bidang Fisika seluruhnya mahasiswa dari Fakultas MIPA, yaitu Jovan Alfian Djaja meraih medali emas; M. Naufal Atahullah dan Shaun Michael Dayanti Intong meraih medali perak, ketiganya angkatan 2021.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara medali perunggu diraih oleh Faris Ramadhantyo Darmawan, angkatan 2022. Pada bidang Kimia, Muhammad Adyan Dafin, Fakultas Teknik angkatan 2023 meraih medali emas. Medali perak dan honorable mention secara berurutan diraih mahasiswa Fakultas MIPA angkatan 2021 dan 2020, yaitu Christopher Jenaro dan Jonathan Evan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
PMM Universitas Indonesia Peduli Cagar Budaya di Kabupaten Bogor

Adapun bidang Biologi mahasiswa Fakultas MIPA meraih medali perak, yaitu Rayhan Devishkar Al-Mahmud, angkatan 2022. Medali perunggu diraih Chaulah Achyar, angkatan 2021 dan Muhammad Irfan Afifudin, angkatan 2020, Simon Sebastian Gunawan, angkatan 2022.

Honorable mention diraih Rendi Saputra, mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan, angkatan 2021.

ONMIPA 2024 dilaksanakan di Universitas Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan pada 13–16 Mei 2024. Kontingen UI berhasil meraih juara di setiap cabang lomba yang dikompetisikan, yaitu Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi. Adapun penghargaan yang diraih kontingen UI terdiri atas 3 medali emas, 6 medali perak, 4 medali perunggu, dan 4 honorable mention.

Perolehan tersebut meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, yakni tahun 2022 sebanyak 14 penghargaan dan tahun 2023 sebanyak 14 penghargaan.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قُلْ هَلْ نُنَبِّئُكُم بِالْأَخْسَرِينَ أَعْمَالًا الكهف [103] Listen
Say, [O Muhammad], "Shall we [believers] inform you of the greatest losers as to [their] deeds? Al-Kahf ( The Cave ) [103] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi