Senin, 17/06/2024 - 13:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kawasan Produksi Kopi Jadi Destinasi Agrowisata Bernilai Tinggi

 BULELENG — Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng, Bali, memfasilitasi pengembangan destinasi agrowisata berbasis edukasi kopi, yakni Heritage Coffee Farm Roastery, di Desa Munduk, Kecamatan Banjar sebagai upaya menarik minat wisatawan untuk datang ke lokasi ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Pemerintah Kabupaten Buleleng menyambut baik kehadiran destinasi agrowisata dan ‘eco edu tourism’ ini, dan siap memfasilitasi pengembangannya ke depan,” kata Kepala Dispar Kabupaten Buleleng I Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Kamis. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kehadiran “Heritage Coffee Farm and Roastery” menjadi stimulus, baik untuk memajukan kopi di kabupaten ujung utara Pulau Dewata tersebut. Aktivitas pariwisata berbasis agro dan pendidikan yang disajikan pun menjadi daya jual lebih bagi pariwisata Buleleng, khususnya di Desa Munduk.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Dukungan tersebut, rencananya oleh Dody akan diwujudkan melalui Festival Kopi Bali Utara, sebagai wadah bagi komunitas pecinta kopi, hotel, restoran, dan coffee shop di Kabupaten Buleleng untuk ajang unjuk gigi dan peningkatan popularitas dalam mengolah komoditas Kopi Buleleng. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Penyidik Pemeriksa Hasto Dinilai Salah Satu yang Terbaik di KPK

“Nanti ini akan kami lakukan di musim kunjungan wisatawan tinggi di Buleleng, dengan tujuan untuk bisa mempopulerkan lagi bagaimana warisan kopi di Bali Utara ini bisa bersinergi dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, jadi tidak hanya menjadi konsumsi lokal saja,” kata Dody.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Pemilik Kopi Banyuastis Gede Pusaka Harsadina mengungkapkan, kopi di Munduk bukan hanya sekadar varietas kopi semata. Sejarah atau asal-usul bagaimana secangkir kopi itu dapat diciptakan untuk dinikmati begitu autentik dan sarat akan nilai. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Kopi yang disajikan di ‘Heritage Coffee Farm and Roastery’ merupakan kopi yang ditanam di kebun sendiri dan diolah sendiri dan pengunjung dapat merasakan pengalaman tersebut melalui Eco Edu Tourism di sini. Kopi yang kita tanam sendiri, kita hasilkan sendiri dan kita nikmati langsung dari hasil kebun sendiri,” ujarnya pula.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Lokasi pun oleh Saka dipilih yang ideal bagi budi daya tanaman kopi. Desa Munduk sejak era sebelum kemerdekaan Republik Indonesia telah diarahkan menjadi sentra budi daya kopi oleh kolonial Belanda. Faktor temperatur dan ketinggian dataran Desa Munduk menjadi pertimbangan utama untuk budi daya kopi. 

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
KPAI Nilai Industri Rokok Terus Lakukan Intervensi demi Sasar Perokok Anak

Saka sendiri telah menyiapkan lahan seluas kurang lebih 70 are yang digunakan untuk budi daya kopi. Adapun proses pembibitan dan penanaman telah dicanangkan kurang lebih dua tahun ke depan sebelum akhirnya siap dipanen (buah kopi).

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Nama Heritage itu sendiri, menurut Saka, diambil dari kata warisan, memaknai asal-usul dari kopi di sini mulai dari tanah perkebunannya yang merupakan warisan dari leluhur, hingga teknik pengolahannya yang menggunakan metode tradisional warisan turun-temurun para petani kopi di Buleleng. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kami memang proses pengolahan ini kami lakukan secara tradisional. Maksudnya tradisional itu zaman dulu. Jadi dijemur selama beberapa minggu, barulah kemudian dipilah dan diolah di roastery,” kata Saka pula.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

ثُمَّ أَتْبَعَ سَبَبًا الكهف [92] Listen
Then he followed a way Al-Kahf ( The Cave ) [92] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi