Minggu, 16/06/2024 - 19:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Menghindari Hal Berlebihan, Begini Doa yang Diucapkan Nabi Muhammad SAW

JAKARTA — Nabi Muhammad SAW dalam doanya pernah menyebut tentang makanan pokok yang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Makanan pokok dalam sebuah doa yang dipanjatkan oleh beliau SAW, disebutkan sebagai bentuk syukur dan permohonan keberkahan dari Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ini menunjukkan betapa pentingnya makanan pokok dalam menjaga fisik dan spiritual umat Muslim. Salah satu hadits yang menjelaskan tentang keutamaan makanan pokok adalah ketika Nabi Muhammad SAW berdoa agar makanan pokok diberkahi oleh Allah.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Nabi SAW mengajarkan bahwa makanan pokok adalah anugerah yang harus disyukuri dan dipelihara. Dalam aspek ini, makanan pokok tidak hanya dilihat dari sisi materinya saja, tetapi juga ibarat simbol keberkahan dan kecukupan yang diberikan oleh Allah kepada umat-Nya.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Maka menjaga dan memuliakan makanan pokok menjadi bagian penting dari kehidupan seorang Muslim, sebagai wujud syukur dan penghargaan atas nikmat yang diberikan oleh Sang Pencipta.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Berikut hadits yang menjelaskan tentang doa Nabi Muhammad untuk memohon kecukupan makanan pokok.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

عن أبي هريرة؛ قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم “اللهم! اجعل رزق آل محمد قوتا “

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Bung Karno dan Islam

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda (berdoa), “Ya Allah, berikanlah rezeki keluarga Muhammad dalam wujud makanan pokok.” (HR. Muslim dan Ahmad)

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Doa yang disampaikan oleh Nabi SAW itu menunjukkan betapa besarnya keutamaan makanan pokok dalam Islam. Bahkan Nabi SAW sampai meminta agar rezeki yang diturunkan kepada keluarga beliau adalah dalam wujud makanan pokok.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Ibnu Battal dalam penjelasan terhadap hadits tersebut, menyampaikan, doa Nabi SAW dalam hadits itu menunjukkan bukti keutamaan rezeki dan mengambil manfaat dari dunia ini dengan tetap menjauhkan diri dari hal-hal yang melampaui batas, demi meraih kebahagiaan akhirat.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Itu adalah salah satu teladan Nabi Muhammad SAW yang seharusnya dicontoh oleh umat Muslim, yaitu tidak berlebih-lebihan dalam mencari rezeki.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Adapun Al Qurthubi menjelaskan, hadits tersebut menunjukkan bahwa Nabi SAW memohon turunnya rezeki, karena rezeki itulah yang menopang dan mencukupkan tubuh dengan kebutuhannya. Supaya aman dari penyakit yang ditimbulkan akibat kekayaan maupun kemiskinan.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
Ayat Alquran dan Hadits Berikut Ungkap Mengapa Sholat Tahajud Istimewa

Hal tersebut sejalan dengan hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 قَدْ أَفْلَحَ مَنْ أَسْلَمَ، وَرُزِقَ كَفَافًا، وَقَنَّعَهُ اللهُ بِمَا آتَاهُ.

“Beruntunglah orang yang masuk Islam. Diberikan rezeki yang cukup, dan Allah menganugerahkan kepadanya sifat qanaah (merasa cukup) dengan rezeki yang Allah berikan kepadanya.” (HR. Muslim)

Imam An-Nawawi menyampaikan, hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA itu mengandung aspek kecukupan yaitu tidak berlebih dan tidak pula kekurangan. Dia juga menukil perkataan Al Qurthubi bahwa hadits tersebut berisi pesan untuk mencukupi kebutuhan pokok dan supaya tidak melekat pada kemewahan manusia. Karena itu, siapa yang memiliki ciri atau sifat tersebut, maka dia akan mendapatkan apa yang dicarinya dan memperoleh apa yang diinginkannya, baik di dunia dan akhirat.

Itulah sebabnya Nabi SAW berdoa agar Allah memberikan rezeki kepada keluarga beliau dalam wujud kebutuhan pokok. Artinya, Nabi SAW berdoa agar Allah memberi rezeki yang tidak mengandung keserakahan yang berujung pada kemewahan duniawi.

Sumber:

https://hadithprophet.com/hadith-49001.html

https://www.islamweb.net/ar/fatwa/175929/%D9%88%D8%AC%D9%87-%D8%A7%D9%84%D8%AC%D9%85%D8%B9-%D8%A8%D9%8A%D9%86-%D8%AF%D8%B9%D8%A7%D8%A6%D9%87-%D8%B5%D9%84%D9%89-%D8%A7%D9%84%D9%84%D9%87-%D8%B9%D9%84%D9%8A%D9%87-%D9%88%D8%B3%D9%84%D9%85-%D8%A8%D8%A3%D9%86-%D9%8A%D8%AC%D8%B9%D9%84-%D8%A7%D9%84%D9%84%D9%87-%D8%B1%D8%B2%D9%82-%D8%A2%D9%84%D9%87-%D9%82%D9%88%D8%AA%D8%A7-%D9%88%D8%A7%D8%AF%D8%AE%D8%A7%D8%B1%D9%87-%D9%82%D9%88%D8%AA-%D8%B3%D9%86%D8%A9

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ فَإِنِ اتَّبَعْتَنِي فَلَا تَسْأَلْنِي عَن شَيْءٍ حَتَّىٰ أُحْدِثَ لَكَ مِنْهُ ذِكْرًا الكهف [70] Listen
He said, "Then if you follow me, do not ask me about anything until I make to you about it mention." Al-Kahf ( The Cave ) [70] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi