Minggu, 16/06/2024 - 11:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Cina Sebut Latihan Militer di Sekitar Taiwan untuk Menindak Separatis

BEIJING — Pemerintah Cina menegaskan latihan militer gabungan Komando Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di sekitar Pulau Taiwan merupakan langkah yang perlu dan sah untuk menindak kekuatan dan aktivitas separatis kemerdekaan Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Latihan gabungan itu juga memberikan peringatan terhadap campur tangan dan provokasi eksternal, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin dalam konferensi pers rutin di Beijing, Kamis (23/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Latihan Pedang Gabungan-2024A Komando Timur PLA China digelar di Selat Taiwan, bagian utara, selatan, dan timur Pulau Taiwan, serta daerah-daerah di sekitar pulau Kinmen, Matsu, Wuqiu, dan Dongyin mulai Kamis (23/5/2024) pagi pukul 07.45 waktu setempat.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Latihan itu berfokus pada patroli kesiapan tempur laut-udara gabungan, perebutan kontrol medan perang yang komprehensif, dan serangan presisi gabungan terhadap target utama yang diikuti oleh dinas militer termasuk angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, dan pasukan roket komando.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Saya perlu menekankan bahwa Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari wilayah Cina. Ini adalah fakta berdasarkan sejarah dan status quo yang sebenarnya, dan akan tetap demikian di masa depan. Kemerdekaan Taiwan pasti akan gagal,” kata Wang Wenbin.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Sepasang Turis Terluka dalam Serangan Milisi di Kashmir

Rakyat Cina, menurut Wang Wenbin, tidak akan tergoyahkan dalam membela kedaulatan dan integritas wilayah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Kami mendesak Amerika Serikat berhenti berkomplot atau mendukung kekuatan separatis kemerdekaan Taiwan dan berhenti mencampuri urusan dalam negeri Cina. Segala upaya yang membahayakan kedaulatan nasional dan integritas wilayah Cina akan ditanggapi dengan tegas,” kata Wang Wenbin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Ia pun menyebut setiap kali separatis kemerdekaan Taiwan menimbulkan persoalan, Cina  dan seluruh dunia berupaya keras untuk mempertahankan prinsip Satu Cina.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Latihan itu disebut melibatkan patroli kapal dan pesawat terbang yang mendekat ke daerah-daerah di sekitar pulau Taiwan serta operasi terpadu di dalam dan di luar rantai pulau itu untuk menguji kemampuan tempur gabungan pasukan komando itu.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Selain itu, Beijing juga memberlakukan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) yang menutup sisi selatan Taiwan. Latihan tersebut digelar tiga hari berselang dari pelantikan William Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik (DPP), yang sangat gigih memperjuangkan kemerdekaan Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Daftar Capres Iran Diumumkan 11 Juni

Cina terakhir kali menggelar latihan besar dengan skenario pengepungan total Taiwan pada pertengahan 2022. Latihan itu menyikapi kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei pada Agustus 2022.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Untuk menyikapi latihan militer gabungan Cina itu, Taipei juga mengerahkan jet tempur, termasuk Jet Mirage 2000, dan kapal perang berjaga di wilayah udara dan perairannya.

William Lai sendiri digambarkan sebagai pembela demokrasi Taiwan, namun Beijing menyebut dia berbahaya dan menjadi salah satu kelompok separatis sehingga dapat memicu konflik lintas Selat.

Di bawah kepemimpinan Tsai Ing-wen dari DPP sejak 2016, Taiwan mengambil sikap keras menentang Beijing serta prinsip Satu Cina yang mengatakan Taiwan merupakan wilayah di bawah kekuasaan Beijing.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

مَّا لَهُم بِهِ مِنْ عِلْمٍ وَلَا لِآبَائِهِمْ ۚ كَبُرَتْ كَلِمَةً تَخْرُجُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ ۚ إِن يَقُولُونَ إِلَّا كَذِبًا الكهف [5] Listen
They have no knowledge of it, nor had their fathers. Grave is the word that comes out of their mouths; they speak not except a lie. Al-Kahf ( The Cave ) [5] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi