Minggu, 16/06/2024 - 10:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Basarnas Evakuasi Warga Negara Filipina Alami Kecelakaan di Kapal

 BANDA ACEH — Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh mengevakuasi seorang warga negara Filipina yang juga anak buah kapal kargo berbendera Panama karena terluka setelah mengalami kecelakaan kerja.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kepala Basarnas Banda Aceh Ibnu Harris Al Hussain di Banda Aceh, Jumat, mengatakan warga negara Filipina yang dievakuasi tersebut atas nama Cabardo Del Socoro, berusia 53 tahun. Korban dievakuasi karena cedera di tangan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Warga negara Filipina tersebut merupakan anak buah kapal kargo dengan nama MV Ocean Virginia. Korban dievakuasi karena luka di sekitar pergelangan tangan dan jarinya saat bekerja di kapal,” katanya.  

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Ibnu Harris Al Hussain mengatakan MV Ocean Virginia berlayar dari Pelabuhan Kandla di India menuju Pelabuhan Incheon di Korea Selatan. Dalam pelayaran, kapten meminta proses evakuasi karena ada anak buah kapal mengalami kecelakaan saat bekerja. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

“Kami menerima informasi dari perwakilan agen kapal terkait permintaan evakuasi pada Jumat (24/5) sekira pukul 13.45 WIB. Berdasarkan informasi dan permintaan tersebut tim Basarnas mengevakuasi korban menggunakan kapal SAR KN Kresna 232,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Tak Seperti Indonesia, Kim Jong Un Sediakan Perumahan Warga Tanpa Potong Gaji untuk Tapera

Selanjutnya, kata dia, tim Basarnas berkoordinasi dengan kapal tersebut untuk memastikan titik evakuasi. Setelah disepakati, KN Kresna 232 diberangkatkan dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, menuju titik evakuasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Titik evakuasi berada di Selat Benggala, perairan antara Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dengan Pulau Weh, Kota Sabang. Titik evakuasi berjarak 7,31 nautical mile atau mil laut dari Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh,” kata Ibnu Harris Al Hussain.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Sebelum dievakuasi ke kapal SAR KN Kresna, warga negara Filipina tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan serta kelengkapan dokumen imigrasi. Setelah dinyatakan tidak bermasalah, warga negara Filipina tersebut diturunkan dari MV Ocean Virginia ke KN Kresna 232.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Sinyal Duet Sandiaga-Zita di Pilgub DKI Usai Keduanya Joging Bareng

Selanjutnya, KN Kresna kembali ke Pelabuhan Ulee Lheue. Korban dibawa menggunakan ambulans Balai Karantina Kesehatan Kelas I Banda Aceh ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin, Banda Aceh, untuk penanganan lebih lanjut.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Proses evakuasi warga negara Filipina tersebut berjalan lancar tanpa kendala berarti. Cuaca di perairan saat evakuasi dalam kondisi baik dan sedikit bergelombang,” kata Ibnu Harris Al Hussain menyebutkan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kepala Basarnas Banda Aceh itu menambahkan proses evakuasi melibatkan petugas Balai Karantina Kesehatan Kelas I Banda Aceh, personel kepolisian, personel TNI AL, serta mitra kerja Basarnas Banda Aceh lainnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

“Dengan selesainya evakuasi warga negara Filipina tersebut, maka operasi SAR ditutup dan semua personel yang terlibat dikembalikan ke satuan maupun instansi masing-masing,” kata Ibnu Harris Al Hussain.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكَ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [75] Listen
[Al-Khidh r] said, "Did I not tell you that with me you would never be able to have patience?" Al-Kahf ( The Cave ) [75] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi