Rabu, 19/06/2024 - 02:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tips Buat Orang Tua: Begini Cara ‘Ubah’ Screen Time Anak Jadi Kebiasaan Membaca

JAKARTA — Ada sebuah cara yang bisa memungkinkan orang tua mengubah screen time atau waktu layar anak di gadget menjadi kesempatan membaca. Ini tidak hanya berlaku untuk anak usia sekolah yang sudah bisa membaca, tetapi juga bagi anak prasekolah untuk mengenal huruf dan kata.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dikutip dari laman Slate, Ahad (26/5/2024), cara itu adalah dengan menyalakan fitur teks alias subtitle pada tayangan, baik yang disetel di televisi, ponsel, tablet, atau laptop. Menurut studi, cara tersebut akan membantu anak belajar membaca.  

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Hal itu dinilai penting, mengingat statistik global menyebutkan bahwa saat ini tingkat literasi anak telah menurun di sebagian besar negara dibandingkan lima tahun lalu. Pada era di mana waktu layar punya reputasi buruk, metode menyalakan subtitle agar anak membaca menjadi salah satu aspek yang melegakan. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Penulis dan ilmuwan sains Tessa Fiorini Cohen mengatakan secara alamiah subtitle yang diaktifkan tidak dapat diabaikan sebab bisa terlihat mata secara otomatis. Jika seorang anak belum bisa membaca, pandangan akan tetap tertuju pada teks yang tertera.   

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Pakar Sarankan Pola Makan Ini untuk Cegah Alzheimer

Subtitle juga tidak mengurangi pengalaman menonton. Lantas, setelah anak sudah menyimak konten dan melihat subtitle, selama mereka memiliki setidaknya beberapa kemampuan untuk mencocokkan huruf dengan suara, maka manfaatnya akan dimulai.  

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Subtitle memungkinkan terjadinya tautan langsung antara suara, makna, dan teks secara real-time, sehingga memungkinkan perkembangan membaca dan bahasa,” ungkap Cohen yang merupakan pengajar di Universitas Edinburgh, Skotlandia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

India telah mendalami manfaat itu sehingga pemerintahnya mengeluarkan undang-undang yang menyatakan bahwa pada tahun 2025, 50 persen televisi arus utama harus mengaktifkan subtitle secara default. Proyek literasi berskala global bernama “Turn On The Subtitles” berupaya menerapkan ide serupa dalam program anak-anak di seluruh platform streaming dan penyiaran Inggris. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Disampaikan Cohen, bukti pertama mengenai manfaat subtitle muncul sebagai produk sampingan yang mengejutkan dari penelitian pada 1980-an. Studi itu mendalami mengenai teks untuk anak-anak tunarungu atau yang mengalami gangguan pendengaran.  

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Dokter RSCM Ungkap Beberapa Jenis Obat Ini Bikin Tulang Cepat Rapuh

Tim menemukan bahwa subtitle juga bermanfaat bagi anak-anak yang dapat mendengar dan terlibat studi. Lebih banyak penelitian telah dilakukan sejak saat itu, dan tahun lalu hasil dari semua tes terpisah ini dikumpulkan dan dianalisis dalam satu studi menyeluruh, menegaskan adanya hubungan yang bermanfaat dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Jepang, Yunani, Arab, dan China.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Subtitle sangat membantu anak-anak yang baru belajar membaca dan pembaca awal. Dengan akses terhadap subtitle, hubungan antara suara dan teks diperkuat secara bertahap dan tanpa disadari,” ucap Cohen. Namun, dia menegaskan bahwa aktivasi subtitle bukanlah pengganti membaca buku fisik, yang tetap perlu dilakukan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

أُولَٰئِكَ لَهُمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهِمُ الْأَنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّن سُندُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِئِينَ فِيهَا عَلَى الْأَرَائِكِ ۚ نِعْمَ الثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا الكهف [31] Listen
Those will have gardens of perpetual residence; beneath them rivers will flow. They will be adorned therein with bracelets of gold and will wear green garments of fine silk and brocade, reclining therein on adorned couches. Excellent is the reward, and good is the resting place. Al-Kahf ( The Cave ) [31] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi