Senin, 17/06/2024 - 08:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Investigasi the Guardian dkk Ungkap Upaya Eks Bos Mossad Intimidasi dan Ancam Jaksa ICC

 Mantan kepala Mossad, Yossi Cohen diduga melakukan tindakan pengancaman terhadap jaksa Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) lewat serangkaian pertemuan di mana bos intelijen Israel itu mencoba menekan eks jaksa ICC Fatou Bensouda agar tidak melanjutkan investigasi atas dugaan kejahatan perang oleh Israel terhadap Palestina. Hal itu diketahui lewat laporan investigasi the Guardian; majalah terbitan Palestina, +972; dan media berbahasa Ibrani, Local Call yang dirilis pada Selasa (28/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Investigasi terhadap Israel telah dimulai ICC pada 2021 yang puncak putusannya diumumkan oleh jaksa ICC Karim Khan, sebagai penerus jabatan yang pernah diembang oleh Bensouda. Pekan lalu, ICC mengeluarkan surat penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu; Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant; dan tiga pemimpin Hamas.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Adapun keterlibatan Cohen dalam kasus ini, menurut the Guardian, adalah saat dia masih menjabat sebagai Direktur Mossad. Menurut seorang pejabat senior Israel, aktivitas Cohen diotorisasi langsung oleh pejabat di level tinggi di pemerintahan Zionis. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kawasan Badui Dipadati Wisatawan Pascatradisi Seba

Sumber lain menyebutkan, operasi terhadap Bensouda saat itu bertujuan untuk mengajak jaksa ICC itu mau bekerja sama atau menggantikannya dengan orang yang bisa diajak bekerja sama dengan pemerintah Israel. Sumber ketiga the Guardian menyebut Cohen bertugas sebagai ‘pengirim pesan’ Netanyahu.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Sumber keempat mengonfirmasi bahwa, Bensouda telah memberi tahu sekelompok pejabat senior ICC tentang upaya Cohen mengontrol dirinya. Bensouda menyebar informasi itu kepada rekan kerjanya di tengah meningkatnya tekanan dan ancaman akibat perilaku dari Cohen.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Menurut informasi yang dibagikan di antara pejabat ICC, Cohen diduga berkata kepada Bensouda, “Anda harus membantu kami dan biarkan kami menjaga Anda. Anda pasti tidak ingin berada dalam masalah yang bisa membahayakan keselamatan Anda dan keluarga Anda.”

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Sumber di kalangan ICC menyebut, aktivitas Cohen termasuk menggunakan ‘taktik jahat’ terhadap Bensouda sebagai upaya lanjutan karena tak berhasil mengintimidasi dan memengaruhi Bensouda. Contohnya adalah agen-agen Mossad menguntiti Bensouda.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Resmi! Norwegia, Irlandia, dan Spanyol Akui Negara Palestina

Mossad bahkan mencampuri urusan keluarga Bensouda dan mendapatkan transkrip pembicaraan rahasia dari suaminya. Transkrip itu kemudian coba digunakan Mossad untuk mendiskreditkan Bensouda.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Terungkapnya operasi yang dilakukan Yossi Cohen ini, menyingkap agen-agen intelijen Israel menjalankan operasi rahasia terhadap ICC selama hampir satu dekade terakhir. Dihubungi the Guardian, juru bicara Netanyahu mengatakan, “Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada kami berisi banyak tuduhan palsu yang bertujuan untuk menyakiti negara Israel.” Cohen pun tidak merespons upaya konfirmasi the Guardian, begitu juga Bensouda.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Terungkapnya upaya Mossad memengaruhi Bensouda muncul di tengah peringatan dari kepala jaksa ICC, Karim Khan yang menegaskan bahwa, dirinya tidak akan ragu untuk memproses hukum “upaya menghalang-halangi, mengintimidasi, atau memengaruhi,” pejabat ICC. Berdasarkan pendapat ahli hukum dan mantan pejabat ICC, upaya yang dilakukan Mossad terhadap Bensouda dapat diproses merujuk Pasal 70 Statuta Roma.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا الكهف [7] Listen
Indeed, We have made that which is on the earth adornment for it that We may test them [as to] which of them is best in deed. Al-Kahf ( The Cave ) [7] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi