Rabu, 01/05/2024 - 01:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Pameran Hijrah di Ithra Menampilkan Replika Sandal Rasulullah

ADVERTISEMENTS

Replika sandal Rasulullah yang dipamerkan dibuat oleh pengrajin dari Andalusia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 RIYADH — Replika sandal dan alas kaki Nabi Muhammad SAW pada abad ke-13, dihadirkan dalam pameran bertajuk “Hijrah: Jejak Nabi” di King Abdulaziz Center for World Culture (Ithra). Replika sandal yang dipamerkan ini dibuat oleh pengrajin dari Andalusia. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Salinan ini biasanya didistribusikan kepada ulama Hadis di ibu kota Islam, di mana ulama dipercayakan dengan tanggung jawab melestarikan dan transmisi ajaran dan Hadis Nabi (SAW). Turut dihadirkan dalam pameran juga, kain dari Masjid Nabawi di Madinah, manuskrip, dan barang-barang berharga milik Nabi SAW lainnya.

ADVERTISEMENTS


 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Emir dari Provinsi Timur Pangeran Saud bin Naif meresmikan pameran baru-baru ini. Pameran tersebut dihadiri oleh pejabat tinggi dan peneliti seni dan sejarah Islam, intelektual, dan tamu dari berbagai negara di dunia. 


Pameran keliling tersebut berlangsung selama sembilan bulan, kemudian akan berpindah ke Riyadh, Jeddah, dan Madinah, lalu ke sejumlah kota di seluruh dunia. Tujuan dari pameran keliling ini untuk menyoroti Hijrah Nabi dari Makkah ke Madinah.

Berita Lainnya:
Anjuran Bertakwa kepada Allah dalam Berbagai Kondisi


Direktur Ithra Abdullah Al-Rashed mengatakan bahwa “Hijrah di Jejak Nabi,” bukan hanya sebuah pameran. Sebaliknya, ini adalah proyek kualitatif terintegrasi, disajikan dalam gaya kontemporer, dan dengan cara yang luar biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya, pameran keliling ini. 


 


“Acara ini menampilkan banyak koleksi barang antik, termasuk 14 stasiun interaktif, yang dirancang dengan cermat oleh para ahli lokal dan internasional, serta film dokumenter dan buku yang menceritakan kisah migrasi,” katanya dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (18/10/2022).


 


“Pusat ini telah mempersiapkan dan merancang detail pameran selama tiga tahun, dan itu dengan bantuan lebih dari 70 peneliti dan seniman, bekerja sama dengan mitra kami, untuk menghasilkan pameran yang bersaing dengan pameran internasional, dan menjauh dari kerangka metode presentasi tradisional,” sambungnya. 


Menurut Al-Rashed, pameran ini menampilkan koleksi artefak, termasuk tekstil, manuskrip, dan koleksi, yang mencerminkan kekayaan peradaban Islam. Idenya adalah untuk meninjau kembali kelahiran Islam dari perspektif modern dan mendemonstrasikan penceritaan kembali secara artistik perjalanan Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah. Untuk menandai awal tahun Hijriah Islam, Ithra mempersembahkan pameran pertama dari jenisnya.

Berita Lainnya:
Dilakukan Usai Idul Fitri, Ini Jadwal, Keutamaan, dan Niat Puasa Syawal 2024


Pameran yang akan berlangsung hingga 29 April 2023 di Aula Besar Ithra ini memberikan pengalaman yang mendalam dan multidisiplin. Ini juga menyatukan seni kontemporer dan Islam, menelusuri rute fisik perjalanan Nabi untuk mengeksplorasi signifikansi historisnya dan membawa kisah manusia Hijrah ke depan. 


Abdullah Hussein Alkadi, salah satu otoritas terkemuka dunia tentang Hijrah, mengkurasi pameran bersama Ithra. Ini adalah pameran keliling pertama Ithra yang akan dibawa ke berbagai belahan dunia selama lima tahun penyelenggaraannya.


Pameran Hijrah diselenggarakan bekerja sama dengan Museum Nasional di Riyadh, Rumah Seni Islam, Kompleks Perpustakaan Wakaf Raja Abdulaziz, dan Gunung Turquoise. Banyak artefak yang disediakan oleh semua mitra juga dipajang. 


 


Pameran ini juga menampilkan karya-karya kolektif yang diciptakan oleh para ahli dan seniman yang menyulut perjalanan ini melalui karya seni, dokumenter, dan buku-buku yang menceritakan kisah Hijrah.


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi