Rabu, 08/05/2024 - 04:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONALNASIONAL

Perang Rusia-Ukraina Belum Usai Bikin Eropa Alami Inflasi Hingga 7,5 Persen!

ADVERTISEMENTS

GELORA.CO –  Inflasi Eropa saat ini melonjak naik mencapai 7,5 persen pada Maret 2022. Ini merupakan angka tertinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 5,9 persen. Data tersebut menurut catatan kantor statistic Eropa Eurostat yang di rilis pada hari Jumat (1/4/22).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Melansir dari CNBC, Sabtu (2/4/2022), melonjaknya inflasi Eropa dikarenakan dampak dari perang antara Rusia dan Ukraina yang membawa ketidakpastian dalam ekonomi. Terutama pada harga energi Eropa yang lebih tinggi dan mendorong terjadinya inflasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde sudah mengatakan awal pekan ini bahwa ada tiga faktor utama kemungkinan yang membawa inflasi merangkak lebih tinggi ke depan diantaranya seiring dengan harga energi yang diperkirakan akan tetap lebih tinggi, kemacetan manufaktur global, dan harga barang pangan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
MK Diharapkan Tak Terkecoh Kamuflase Amicus Curiae Megawati
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“ Harga energi diperkirakan akan tetap lebih tinggi lebih lama, tekanan pada inflasi makanan kemungkinan akan meningkat, dan kemacetan manufaktur global kemungkinan akan bertahan di sektor-sektor tertentu,” ucap Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dengan demikian, situasi ini membuat daya beli rumah tangga menjadi lebih pesimis. Mereka juga bahkan akan mengurangi pengeluaran.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“ Pengeluaran yang lebih rendah dapat bisa menyebabkan ekonomi terpuruk. Karena bisnis akan menjual lebih sedikit, memiliki lebih sedikit ruang untuk membayar karyawan dan cenderung tidak berinvestasi,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain itu, Senior Ekonom Eropa Jack Allen Reynolds mengungkapkan dengan inflasi di eropa yang meningkat lebih tinggi di atas perkiraan European Central Bank (ECB) kemungkinan hal ini akan tetap tinggi sampai akhir tahun ini.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Di Sidang MK, Gerindra Sebut KPU Gelembungkan Suara Nasdem di 53 Kecamatan di Jabar

” Kami telah memperkirakan tiga kali kenaikan suku bunga 25 basis poin untuk tahun ini,” kata Senior Ekonom Eropa Jack Allen Reynolds.

Di sisi lain juga, data dari Analis di Berenberg memperkirakan kenaikan suku bunga pertama pada kuartal keempat tahun 2022 diikuti oleh tiga lainnya pada tahun 2023.

Ekonom di Berenberg, Salomon Fiedler menyampaikan ECB memiliki lebih banyak waktu dari pada Fed Amerika Serikat untuk mengurangi stimulus moneternya. Tetapi karena kebijakan transisi hijau yang mahal dan kebijakan fiskal yang agak ekspansif kemungkinan akan melihat tren inflasi naik lagi.

“ECB pada akhirnya perlu bereaksi juga,” ucap Ekonom di Berenberg, Salomon Fiedler.[]

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi