Jumat, 03/05/2024 - 13:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Distribusi Lamban Penyebab Minyak Goreng Curah Masih di Atas Rp 14 Ribu

ADVERTISEMENTS

Badan Pangan Nasional menyatakan distribusi minyak goreng curah masih lamban

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

BOGOR – Badan Pangan Nasional menyatakan distribusi minyak goreng curah yang lamban menyebabkan harganya di pasaran kini masih di atas harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp 14 ribu per liter atau Rp 15,5 ribu per kilogram.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Karena barangnya (minyak goreng curah) ada. Registrasi produsen juga sudah. Tinggal didorong secepatnya masuk ke pasar dan harganya itu Rp 14 ribu per liter,” ungkap Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi usai inspeksi ketersediaan bahan pangan bersama Komisi VI DPR RI di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/4/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Sadar dengan distribusi yang masih lamban, maka menurutnya pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng akan dicairkan secepatnya dengan cara diberikan sekaligus di muka. Sejatinya penyaluran BLT minyak goreng sebesar Rp 100 ribu per bulan selama tiga bulan dimulai April ini. Namun, kebijakan yang terakhir diambil yakni langsung diberikan sekaligus tiga bulan atau Rp 300 ribu dalam satu waktu.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Guru Besar UGM: Keterangan 4 Menteri Justru Menguak Bansos Rawan Disalahgunakan


“Ini untuk membantu masyarakat sebanyak 20,6 juta orang plus 2,5 juta Pedagang Kaki Lima (PKL). Karena disadari minyak goreng curah barangnya belum cepat masuk,” kata Arief.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Selain percepatan distribusi minyak goreng, Arief juga mendorong percepatan pasokan daging jelang Idulfitri. Selain untuk mencukupi kebutuhan, percepatan distribusi sekaligus untuk menstabilkan harga agar tidak melonjak drastis.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


“Di Pasar Cibinong ini harga daging sapi Rp 130-140 ribu per kilogram. Yang harus dikerjakan cepat yaitu masuknya daging kerbau untuk memberi pilihan ke masyarakat karena harganya bisa di bawah Rp 100 ribu,” ujarnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal di tempat yang sama mendapati harga minyak goreng curah jauh lebih mahal dari HET. Harga minyak goreng curah di Pasar Cibinong masih di angka Rp 22 ribu per kilogram, hanya terdapat selisih Rp 2 ribu dari minyak goreng kemasan yang harganya Rp 24 ribu per kilogram.

Berita Lainnya:
Ini Kronologi dan Modus Ganjal Kartu ATM di Kudus yang Pelakunya Gasak Hampir Rp 1 Miliar


“Harga minyak goreng curah masih belum mencapai Rp 14 ribu (per liter atau Rp15.500 per kilogram) sebagaimana seperti yang diharapkan,” kata Hekal.


Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengungkapkan kenaikan harga pada sejumlah komoditas tidak lepas dari pengaruh global. Selain minyak goreng dan daging, harga kedelai hingga telur ayam yang cenderung meningkat belakangan ini. Untuk kedelai, kata dia, dipengaruhi tingginya biaya logistik mengingat harus diimpor oleh pengrajin tempe dan tahu.


“Jadi pemerintah menyiapkan subsidi untuk harga, yakni Rp 1.000. Jadi harga perlu disesuaikan tapi kami berikan subsidi untuk meringankan beban UMKM perajin tahu tempe yang mencapai 155 ribu UMKM,” kata Oke.


Sementara kenaikan harga telur menurutnya cenderung dipengaruhi oleh melonjaknya harga pakan ayam. “Kami juga bantu peternak dengan 50 ribu ton pakan ayam. Saat ini, telur ayam Rp 24 ribu per kilogram tapi biaya produksinya Rp 21 ribu. Nanti ke depan kita akan berikan bantuan subsidinya juga,” tuturnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi