Rabu, 19/06/2024 - 10:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Guru Besar UGM: Keterangan 4 Menteri Justru Menguak Bansos Rawan Disalahgunakan

BANDA ACEH – Empat menteri kabinet Jokowi sudah memberikan keterangan pada sidang sengketa PHPU Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Dari keterangan para pembantu presiden ini, terkuak bahwa bantuan sosial (Bansos) rawan disalahgunakan, kecuali bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos).

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Yogyakarta Prof. Dr. Indra Bastian, M.B.A mengatakan, mencermati keterangan empat menteri sebagai saksi pada persidangan di MK, ada temuan yang luar yang biasa. Khususnya terkait bansos yang jalurnya bermacam-macam, ada dari Kemensos, Operasional Presiden, Badan Pangan Nasional (Bapanas), PKH dari Menko PMK.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Menurut Prof Indra, dari sekian jenis bansos yang disalurkan menjelang Pemilu 2024, hanya bansos dari Kemensos yang berdasarkan database penerima manfaat berikut sistem pengendaliannya. “Sementara selain Kemensos belum punya, hanya mengandalkan regulasi saja, sistem pengendalian dan penyalurannya tidak punya. QPA-nya nggak jelas,” kata Prof Indra saat dihubungi KBA News, Sabtu, 6 April 2024.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Puan Sebut Surat Presiden Revisi UU Polri Belum Diterima DPR

Pakar ekonomi lulusan S2 dan S3 University Of Kentucky Amerika Serikat ini mengatakan, jika ada penambahan jumlah penerima bansos, seharusnya berdasarkan data yang valid. Sementara bansos selain dari Kemensos, tidak menggunakan data dari Kemensos. “Artinya ada penambahan, tapi penambahan itu tanpa sistem pengendalian,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Dia mencontohkan, bansos dari Operasional Presiden yang dipaparkan Menteri Keuangan Sri Mulyani. “Bantuan Operaisonal Presiden itu siapa penerimanya tidak jelas, apa iya datanya dari Kemensos,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Menurut dia, kementerian yang punya data orang miskin atau penerima manfaat bansos di Kemensos. Datanya lengkap. Artinya, jika terjadi penurunan kemakmuran atau penambahan orang miskin, seharusnya berdasarkan dari data Kemensos. “Kan tahu berapa yang rentan miskin, fakir miskin, dan lainnya. Kemensos punya data itu,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Konsesi Tambang Ormas Dicurigai Siasat Jokowi Kabur dari Kejaran Utang

Dia menduga pembagian bansos di luar Kemensos, tidak menggunakan sistem pengendalian yang mumpuni. “Kalau Presiden bagi-bagi bansos, PKH dan Menko, Bapanas juga bagi, itu pakai datanya siapa. Jadi dugaan membaginya ya sesukanya dengan berbagai kepentingan,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Prof Indra mengungkapkan, pembagian bansos yang tidak memiliki sistem pengendalian menjadi rentan terjadi korupsi. “Kemarin yang bisa menunjukkan sistem pengendalian dan data penerima yang bagus hanya Kemensos. Menteri yang lain tidak bisa menunjukkan siapa penerima bansos, baik dari bansos dari Operasonal Presiden, Menko PMK, dan lainnya,” katanya. (*)

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالُوا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَىٰ أَن تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا الكهف [94] Listen
They said, "O Dhul-Qarnayn, indeed Gog and Magog are [great] corrupters in the land. So may we assign for you an expenditure that you might make between us and them a barrier?" Al-Kahf ( The Cave ) [94] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi