Jumat, 03/05/2024 - 20:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Jelang Lebaran, Bank Mandiri Jabar Siapkan Uang Tunai Rp 6,6 Triliun

ADVERTISEMENTS

Alokasi dana tunai tersebut naik 13 persen dibandingkan tahun lalu

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

BANDUNG — Bank Mandiri Region VI/Jawa 1 menyiapkan Rp 6,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai menjelang Idul Fitri 1443 H. Nilai tersebut disiapkan untuk menutupi rentan kebutuhan di tanggal 7 April 2022 hingga 9 Mei 2022. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut Regional CEO Bank Mandiri wilayah Jabar Wisnu Trihanggodo, nilai itu terdiri dari Rp 6,1 triliun untuk pengisian 1.207 ATM, serta Rp 535 miliar uang baru, untuk keperluan nasabah selama 33 hari ke depan. Yakni, pada 7 April – 9 Mei 2022.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, alokasi pengisian ATM itu naik sekitar 13 persen dan alokasi uang baru meningkat 23,8 persen. Secara nasional, kata Wisnu, kebutuhan uang tunai yang disiapkan Bank Mandiri mencapai sekitar Rp 28,28 triliun untuk periode yang sama.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Alokasi ini meningkat sekitar 25,6 persen dari periode yang sama di tahun lalu. Langkah ini, kata dia, merupakan antisipasi perseroan terhadap keputusan pemerintah yang telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan aktivitas rutin pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, di antaranya perjalanan mudik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Siap-Siap! Astra Bakal Tebar Dividen Rp 21,01 Triliun

Menurutnya, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri di wilayah Jawa Barat. Selama mudik, diprediksi mencapai sekitar Rp 200 miliar per hari di periode tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

‘’Kami perkirakan puncak kebutuhan uang tunai akan terjadi pada dua pekan menjelang lebaran, juga bertepatan dengan periode pembayaran gaji, THR dan penyediaan kas untuk pengisian ATM,” ujar Wisnu, Rabu (20/4).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Untuk mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, sambung Wisnu, Bank Mandiri akan mengoptimalisasi pengisian mesin ATM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Jawa Barat mulai pekan ini hingga libur Lebaran.

Selama libur bersama nanti, pihaknya akan mengoperasikan sejumlah cabang secara bergilir di seluruh Indonesia. Kebijakan itu diambil untuk melayani setoran delivery order BBM/non-BBM oleh SPBU-SPBU.

Berita Lainnya:
Penggiat Kopi Kalbar Canangkan Standar Liberika

Sementara untuk kebutuhan transaksional, kata dia, masyarakat dapat memanfaatkan super app Livin’ by Mandiri, yang kini mampu memenuhi berbagai kebutuhan. Di antaranya buka tabungan modal selfie, satu akun untuk semua tabungan, quick pick, cek saldo dan top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, Mandiri Tabungan Rencana (MTR) dan deposito, quick response (QR) payment dan smart reminder.

“Salah satu fitur utama Livin’ adalah kemudahan untuk top up mandiri e-money yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang akan melakukan perjalanan melalui jalan tol,” kata Wisnu.

Menurut Wisnu, bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money,  pihaknya telah menyiapkan stok kartu prepaid yang dapat diperoleh di cabang, toko retail (Indomaret dan Alfamart), store resmi Bank Mandiri di ecommerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.


 

 


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi