Sabtu, 27/04/2024 - 01:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Pengangkatan Guru yang Lulus Seleksi Program ASN P3K Masih Menyisakan Masalah

ADVERTISEMENTS

Koordinasi antar lembaga kementrian dan perintah daerah harus disolidkan

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Anggota DPR sekaligus mantan Rektor Univeritas Muhammadiyah Surabaya, Prof Dr Zainuddin Maliki mengatakan pengangkatan guru sebagai aparatur sipil negara (ASN) melalui program seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih menyisakan masalah. Untuk itu dia berharap agar segala soal yang ada segera bisa dituntaskan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


”Salah satu misalnya bagiama menuntaskan nasib 293 orang guru yang kini sudah lulus seleksi passing grade dalam seleksi guru ASN P3K itu. Diharapkan sekali surat keputusannya yang masih terkatung-katung segera diterbitkan,” kata Zainudin Maliki di Jakarta, Kamis (7/2/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Selain itu, lanjut dia, kemudian juga masih ada 193 orang guru yang lulus passing grade sebagai ASN ini belum mendapat formasi. Mereka pasti terkatung-katung karena di sekolah asal ada yang sudah diberhentikan.”Jadi dia sudah tak bekerja lagi karena dibententikan mengajar di sekolah asal, tapi belum bisa bekerja di sekolah negeri meski sudah dinyatakan lulus ujian P3K.”

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Tingkatkan Skill dan Capai Puncak Karier dengan Program CLP di Cyber University


”Masalah berikutnya adalah ada guru honorer yang saat mendaftar sebagai ASN dalam program  P3K sebagai guru mata pelajar (guru SMP), ketika dinyatakan lulus oleh sistem malah dinyatakan menjadi guru kelas (guru SD). Begitu juga sebaliknya ada yang dulu mendaftar guru kelas (SD) malah oleh sistem dinyatakan lulus menjadi guru mata pelajaran (guru SMP). Ini kan bertukar-tukar tidak sesuai dengan kompetensinya. Nah, masalah ini harus bisa dituntaskan secepatnya oleh Kemendikbud,” kata Zainudin kembali.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Menyinggung berapa orang guru honorer yang lulus pada program ASN guru P3K jumlahnya sekitar 500 orang. Sedangkan yang mendaftar masih tidak terlalu banyak, yakni sekitar 500-an orang juga. Namun yang lulus hanya 486 orang saja.”Untuk itu pasti akan ada program seleksi lanjutan. Sebab, sebenarnya lulusan formasi guru di sekolah negeri masih sangat besar. Jumlahnya hingga jutaan.”

Berita Lainnya:
HNW Soroti Pencabutan Pramuka dari Ekskul Wajib: Sayang Sekali Mas Menteri


”Nah,karena sudah pasti ada seleksi lagi maka untuk melaksanakan seleksi lebih lanjut kendala yang ada itu harus segera dituntaskan terlebih dahulu. Apalagi Pak  Menteri Nadiem Makarim sudah menyatakan memang akan ada seleksi lagi,” tegas Zainudin.


Menurutnya, saat ini memang perlu dilakukan koordonasi yang baik antar lembaga Kemendikbud, Menpan-RB, Kemendagri, dan Pemda sehingga kebijakan pengangkatan guru ASN P3K ada kepastian. Hal ini khususnya terkait dengan penempatan formasi dan pemberian gaji berikut tunjangannya. Jangan sampai ada tarik menarik di antara lembaga itu.


”Jangan sampai ada tarik menarik di mana pemerintah merasa gaji dan tunjangan bagi guru ASN P3K yang diangkat sudah dibayar melalui dana alokasi umum (DAU). Sementara Pemda merasa DAU yang diterimanya tidak proporsional untuk membayar gaji dan tunjangan guru ASN P3K yang sudah lulus seleksi,” tandasnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi