Jumat, 26/04/2024 - 23:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

2.449 Komunitas Adat se-Indonesia akan Berkumpul di Jayapura, Apa yang Dibahas?

ADVERTISEMENTS

Direncanakan Presiden Jokowi akan menghadiri pertemuan komunitas ada se-Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) akan menggelar Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI di Kabupaten Jayapura, Papua pada 24 hingga 30 Oktober 2022. Kongres yang akan dihadiri 2.449 komunitas adat dari seluruh Indonesia itu salah satunya akan membahas sikap politik masyarakat adat. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Sekjen AMAN, Rukka Sombolinggi, mengatakan, kegiatan yang digelar setiap lima tahun sekali ini akan jadi tempat merefleksikan kerja-kerja AMAN selama lima tahun terakhir, sekaligus menentukan upaya-upaya yang akan dilakukan selama lima tahun ke depan. Rencana ke depan yang akan dibahas meliputi program kerja, bentuk organisasi, pemilihan sekjen AMAN, dan penentuan sikap politik. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Sebut Jumlah Pemudik Tahun Ini Capai 190 Juta Orang


“(Kongres ini akan menentukan) bagaimana sikap politik masyarakat adat terhadap perkembangan kebijakan, menyikapi situasi HAM, hak masyarakat adat, dan situasi keselamatan kita bersama,” kata Rukka dalam kegiatan media gathering di Jakarta, Kamis (14/7). 

ADVERTISEMENTS


Rukka menjelaskan, penentuan sikap politik ini penting dilakukan karena kondisi Indonesia sedang tidak baik-baik saja sejak pandemi melanda. Hal itu tampak dari munculnya berbagai produk hukum yang merugikan masyarakat seperti UU Cipta Kerja dan UU IKN. Ada juga RUU KUHP. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Di sisi lain, pembahasan UU Masyarakat Adat sudah 10 tahun mangkrak di DPR,” ujarnya. 

Berita Lainnya:
Golkar Tegaskan tak Mau Ge Er Soal Jokowi Bergabung


Terkait peserta kongres, Rukka bilang akan ada sekitar 5 ribu hingga 10 ribu perwakilan masyarakat adat yang hadir. Mereka merupakan perwakilan dari 2.449 komunitas adat se-Indonesia. Selain itu, akan hadir pula sejumlah perwakilan komunitas adat dari negara-negara Pasifik, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin. 


Bupati Jayapura sekaligus Ketua Umum Panitia KMAN ke-VI, Matius Awoitauw, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan menghadiri kongres dan memberikan sambutan. “Kami sudah komunikasi langsung dengan Pak Presiden,” ujarnya dalam kesempatan sama. 


KMAN ke-VI mengusung tema, “Bersatu Pulihkan Kedaulatan Masyarakat Adat untuk Menjaga Identitas Kebangsaan Indonesia yang Beragam dan Tangguh Menghadapi Krisis” 


 


Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi