Senin, 20/05/2024 - 05:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Penyelamatan Dramatis Bayi Gajah dan Induknya di Thailand

Penyelamatan ibu dan anak gajah di Thailand yang terperosok ke lubang menuai simpati

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

BANGKOK – Penyelamatan ibu dan anak gajah di Thailand yang terperosok ke lubang menuai simpati dunia. Dipimpin oleh dokter hewan Taman Nasional Khao Yai Chananya Kanchanasakha, penyelamatan keduanya membutuhkan waktu berjam-jam.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Anak gajah berusia satu tahun, dan ibunya berusia 10 tahun akhirnya berhasil diantar kembali ke hutan Tambon Sarika di distrik Muang setelah berhasil diangkat dari lubang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Dilansir laman National Thailand, Jumat (15/7/2022), awalnya kepala desa Moo 9, Saksiri Siriboon menelepon petugas pada pukul 1 dini hari dalam laporan bahwa ada anak gajah jatuh ke dalam lubang pipa saluran pembuangan di belakang sebuah resor. Lubang got itu memiliki kedalaman sekitar dua meter, lebar dua meter dan panjang tiga meter.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Operasi penyelamatan membutuhkan rencana khusus karena ibu gajah yang cemas perlahan mendekati lubang got dan tidak mau pergi. Para pejabat justru khawatir itu bisa menyerang tim penyelamat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Brasil dan Venezuela Kutuk Operasi Israel di Rafah

Ibu gajah dan bayinya termasuk dalam kawanan sekitar 20 hingga 30 gajah yang telah berjalan melewati tempat itu sebelum bayinya jatuh ke dalam lubang got. Penyelamat dibagi menjadi tiga kelompok.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kelompok pertama dikirim menanjak untuk mendirikan penghalang sementara untuk mencegah kawanan bergegas turun untuk membantu jika ibu menangis minta tolong. Yang kedua, penyelamatan dipimpin oleh Chananya, dibagi menjadi tiga tim, satu untuk menembak anak panah untuk obat penenang, yang lain untuk berjaga-jaga dan yang ketiga untuk merawat induk gajah setelah dibius.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kelompok ketiga menggunakan buldoser untuk membawa anak sapi kembali ke permukaan setelah induknya dibius. Petugas menyelamatkan anak gajah dari lubang got, dokter hewan mengharapkan induk gajah dibius dan berdiri diam sementara petugas menyelamatkan bayinya.

ADVERTISEMENTS

Namun, setelah tiga anak panah obat penenang ditembakkan ke ibu, ia jatuh pingsan, kepala dan bagian depannya tergantung ke lubang got yang telah menjebak bayi. Namun, ini memungkinkan anak sapi yang terperangkap untuk menyusu dari payudara ibu setelah kelaparan sepanjang malam dan dini hari Rabu lalu.

ADVERTISEMENTS

Petugas kemudian menggunakan buldoser untuk mengangkat induknya. Dokter hewan dan tim medis hewan harus melakukan CPR di atasnya sementara penyelamat menarik anak sapi keluar dari dasar lubang got.

Berita Lainnya:
Polisi Prancis Masuk Kampus Sciences Po Bubarkan Protes Pro Palestina

Begitu bayi gajah dibebaskan, ia bergegas menyusui dari induknya yang tidak sadarkan diri. Untungnya, dokter hewan berhasil menyadarkan induk gajah tersebut. Kedua gajah itu, dipandu dengan lembut oleh para petugas, lalu melenggang pergi ke hutan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi