Selasa, 30/04/2024 - 13:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pelabuhan di Labuan Bajo Berbasis Digital

ADVERTISEMENTS

Pelabuhan berbasis digital ini mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpang.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan terus berupaya mendukung pariwisata Labuan Bajo dari sektor transportasi laut. Salah satunya dengan membangun lingkungan pelabuhan berbasis digital yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan penumpang dan awak kapal selama berada di Kawasan Pelabuhan Labuan Bajo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo Hasan Sadili mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang mengembangkan inovasi pelayanan publik berupa digitalisasi pelayanan penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Khususnya untuk kapal wisata yang beroperasi di wilayah kerja Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo dengan mengembangkan aplikasi digitalSPB.id.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Sistem digitalSPB.id adalah sistem penerbitan SPB secara digital di wilayah pelabuhan Labuan Bajo yang ditujukan untuk para pengguna jasa kepelabuhanan. Khususnya bagi kapal-kapal wisata yang beroperasi di wilayah kerja Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo,” kata Hasan dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (19/7/2022). 

ADVERTISEMENTS


Dia menjelaskan, sistem tersebut dapat mengakomodir permohonan SPB. Di dalamnya terdapat data kapal, nama pemilik kapal, nakhoda kapal, ABK, serta wp-signup.php manifest yg berada di atas kapal. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Zulkifli Hasan Sentil Pengusaha Agar tidak Curang


Hasan menuturkan, latar belakang dikembangkannya sistem digitalisasi tersebut sebagai upaya dari Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo yang bekerja sama dengan PT Flobamor dan PT DPI untuk memangkas birokrasi. Selain itu juga mengefisienkan proses bisnis penerbitan SPB.


“Sehingga penggunaan aplikasi online digitalSPB.id ini diharapkan dapat mempersingkat waktu, tenaga, dan mengurangi penggunaan kertas (menjadi paperless),” ungkap Hasan. 


Latar belakang lainnya adalah untuk mempercepat proses penerbitan SPB di wilayah kerja Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo. Dia mengatakan sampai Mei 2022, pada aplikasi SIRANI telah tercatat hampir mencapai 2000 kapal yang melakukan permohonan penerbitan SPB pada Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo.


Aplikasi tersebut dibangun sejak bulan Desember 2021 dan pada 15 Juli 2022 telah dilaksanakan trial and error penggunaan aplikasi digitalSPB.id untuk beberapa kapal wisata di Labuan Bajo. Khususnya untuk kapal yang akan melaksanakan proses permohonan SPB untuk berlayar. 

Berita Lainnya:
Museum Tsunami Aceh Dikunjungi 5.606 Wisatawan dalam Sehari


“Kemudian nanti rencananya akan dilaksanakan soft launching kepada seluruh stakeholder dan pengguna jasa kepelabuhanan di labuan bajo pada akhir bulan Juli 2022 untuk dapat beroperasi secara maksimal,” tutur Hasan.


Sistem yang dapat diakses melalui portal digitalSPB.id tersebut mewajibkan penggunanya untuk menwp-signup.phpkan Kapal berikut dokumen-dokumen administrasinya yang masih berlaku. Hasan mengharapkan setiap kapal yang berlayar dari Pelabuhan Labuan Bajo adalah kapal-kapal yang laik laut dari sisi keselamatannya sehingga dapat meminimalisir risiko kecelakaan kapal. 


Para penumpang dan awak kapal yang akan berlayar dari Pelabuhan Kelas III Labuan Bajo nantinya menerima e-boarding pass seperti layaknya penumpang maskapai penerbangan di bandar udara di luar negeri. Hanya penumpang dan awak kapal yang memiliki e-boarding pass yang dapat masuk melalui entrance gate di pelabuhan sesuai jadwal keberangkatan. “Hal ini diharapkan dapat mengurai antrean panjang sehingga pengalaman berwisata menjadi lebih nyaman dan menyenangkan,” ucap Hasan. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi