Rabu, 08/05/2024 - 21:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Aceh Tengah Berpotensi Jadi Produsen Rokok Kretek dan Cerutu Terbesar di Aceh

ADVERTISEMENTS

“Meski usaha yang saya rintis ini masih skala kecil, tapi saya sudah mengurus semua perizinannya, termasuk mengurus cukai tembakau dari Bea Cukai, jadi cerutu yang saya produksi ini legal dan ikut memberi andil terhadap penadapat negara dari cukai tembakau” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Satu hal yang masih dikeluhkan oleh Sri Waluyo adalah minimnya publikasi dari usaha yang ditekuninya ini, sehingga produk yang dihasilkannya masih terbatas pemasarannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Maunya ada yang nulis tentang usaha saya dan teman-teman produsen olahan tembakau di Gayo ini supaya produk kami semakin dikenal di luar daerah, selama ini saya baru sebatas meperkenalkan produk ini kepada pera relasi dan mempromosikannya melalui beberapa even pameran, tapi itu belum cukup, butuh publikasi yang lebih luas, karena untuk kualitas, saya berani menjaminnya,” pungkasnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Respon positif terhadap munculnya industri rokok dan cerutu di Aceh Tengah ini, diberikan oleh Kepala Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Aceh, Dr. Fuadi. Selain bisa menjadi potensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan ekonomi dan mendongkrak pendapatan negara (melalui cukai temabakau), hadirnya perusahaan rokok dan cerutu di Gayo ini juga bisa meminimalisir perdaran rokok ilegal di Aceh.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Rokok produksi lokal ini dijual dengan harga terjangkau, ini bisa mencegah dan meminimalisir beredarnya rokok ilegal yang sangat merugikan negara” ungkap Fuadi, Jum’at (22/7/2022) di Banda Aceh.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Senada dengan Sri Waluyo, Fuadi juga berharap media lebih sering mengekspos tentang rokok dan cerutu  Gayo ini supaya produk lokal ini semakin dikenal oleh masyarakat dan jangkauan pemasarannya makin luas, baik di dalam maupun diluar Aceh.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Musrenbang RPJPD Aceh Besar 2025-2045 Dibuka, Pj Bupati Iswanto Beri Apresiasi

“Beberapa produk rokok dari Aceh dan Gayo ini sudah mulai menembus pasar di Bandung, Cilacap, Lampung dan Padang, tapi ironisnya di Aceh sendiri masih belum banyak yang mengenalnya, itulah sebabnya perlu bantuan rekan-rekan media untuk membantu publikasinya, agar produk ini lebih dikenal dan jangkauan pasarnya bisa diperluas” sambungnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dari data statistik pertanian tahun 2022, luas areal pertanaman tembakau di kabupaten Aceh Tengah pada tahun 2022 adalah seluas 185 hektar dengan produksi 900 ton. Sekitar 40 persen produksi tembakau tersebut, saat ini terserap oleh industri rokok dan cerutu di daerah ini, selebihnya dipasarkan dalam bentuk olahan tembakau rajang baik berupa tembakau hijau maupun tembakau kuning.[]

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi