Jumat, 03/05/2024 - 04:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Awali Pembukaan PBAK 2022, Rektor UIN Ar-Raniry Pimpin Zikir

ADVERTISEMENTS

Pengenalan  Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) akan berlangsung tiga hari.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

BANDA ACEH — Sebanyak 3.900 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)  tahun 2022.   Pembukaan PBAK tahun 2022 berlangsung di Lapangan Bola Kaki kampus UIN Ar-Raniry Kopelma Darussalam Banda Aceh, Kamis (25/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Di  awal sambutannya, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Mujiburrahman MAg memimpin zikir yang diikuti seluruh mahasiswa dan panitia PBAK serta undangan. “Sebelum kita mulai acara PBAK tahun 2022 ini kita akan melakukan zikir. Kita serahkan seluruh prosesi hari ini kepada Allah.  Hanya Allah Dzat yang bisa membantu kelancaran aktivitas  PBAK kita pada hari ini, kita berdoa kepada Allah,” ucapnya di hadapan ribuan mahasiswa baru seperti dikutip dalam rilis yang diterima Kamis (25/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Rektor mengajak peserta untuk mengikuti zikir yang dipimpinnya.  Posisi zikir pertama membaca surah Fatihah yang pahalanya diniatkan kepada Rasulullah Muhammad Sallallahu’alaihi Wasallam, Surah Fatihah kedua diniatkan kepada Sahabat Maulana Syech dan Surah Fatihah ketiga diniatkan untuk kesuksesan kegiatan PBAK yang sedang berlangsung tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
UMJ Fasilitasi Beasiswa Pendidikan Bagi Warga Persyarikatan Kabupaten Garut


“Kita berdoa kepada Alllah, nanti ikuti zikir yang saya pimpin.  Zikir ini kita akan membaca surah Fatihan tiga kali, Fatihah pertama kita sampaikan kepada Rasulullah Saw, Fatihah kedua kita sampaikan kepada para sahabat dan Maulana Syech, Fatihah ketiga kita niatkan untuk kesuksesan kegiatan kita pada hari ini.  Kemuadian setelah saya membaca Fazkuruni azkurkum, semua kita membaca Allah Allah Allah, kemudian dalam hati berniat semoga Allah sukseskan kegiatan kita pada hari ini serta dihindari dari semua fitnah dan bencana,” ujar rektor.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Dalam sambutannya  setelah zikir bersama, Rektor Mujiburrahman menyampaikan bahwa PBAK ini merupakan proses kegiatan pengenalan budaya akademik untuk mengenali bagaimana suasana perkuliahan di tingkat perguruan tinggi atau universitas. “Salah satu tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa mampu memahami tentang norma-norma akademik dan sistem yang berlaku pada kampus, khususnya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” kata rektor.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Ia mengingatkan kepada mahasiswa baru agar serius dan fokus pada perkuliahan dan pandai mempergunakan waktu dan kesempatan yang ada. Sebab,  saat ini masih banyak  lulusan sekolah tingkat menengah atau madrasah yang tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya di  jenjang perguruan tinggi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
FKIP UMM Jalin Kerja Sama dengan Yala Rajabaht University Thailand


“Kami ingatkan kepada mahasiswa baru untuk fokus pada pendidikan di kampus.  Jangan sia-siakan waktu dan kesempatan, apalagi terjerumus dalam dunia gelap atau penyalahgunaan narkoba.  Ini sangat merugikan, baik diri sendiri, orang tua, keluarga bahkan bangsa dan negara,” kata Mujib.


Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Prof Dr Saifullah Idris, MAg menyebutkan, pada tahun 2022 ini jumlah peserta yang mengikuti PBAK sebanyak 3.900 orang, kegiatan akan berlangsung selama tiga hari.


Dijelaskan, selama tiga hari tersebut, pada hari pertama dilakukan pembukaan dan pengenalan tentang akademik secara umum dan ditambah dengan materi bahaya narkoba dari pihak BNN Aceh. Pada hari kedua diserahkan kepada panitia ditingkat fakultas untuk pengenalan kampus masing-masing.


Selanjutnya kata Warek III, pada hari ketiga para mahasiswa baru tersebut diberikan materi lebih spesifik tingkat program studi, dan pada sorenya dikembalikan kepada panitia tingkat universitas untuk dilaksanakan penutupan kegiatan PBAK 2022.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi