Selasa, 07/05/2024 - 03:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengamat: Prabowo Berpotensi Ganjal Anies, Muluskan Langkah Ganjar

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Sosok Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dinilai bakal memberi pengaruh positif maupun negatif terhadap kandidat lain yang akan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Khususnya terhadap Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Majunya Prabowo sebagai capres secara tidak langsung sangat menguntungkan Ganjar Panowo, pada saat yang sama menunjukkan bahwa Anies Baswedan mungkin terganjal sebagai capres-cawapres,” kata pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (25/8).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting tersebut, majunya Prabowo dapat menghambat ruang gerak Anies Baswedan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Meski Anies memiliki elektabilitas yang tinggi, namun tidak serta merta membuat Gubernur DKI Jakarta itu bosa mulus menjadi capres lantaran veto players dalam politik kepartaian Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Ramalan Hard Gumay Soal Artis Inisial 'A' Seret Nama Ashanty

“Misalnya Anies selalu masuk tiga besar, kluster elektabilitas ‘papan atas’, tidak serta merta mulus menjadi calon presiden, tetap saja partai politik lah yang punya ‘veto players’ siapa saja capres-cawapres yang bakal mereka usung nantinya,” terangnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Prabowo maju sebagai capres, itu artinya kans DNA kemenangan Anies Baswedan terganggu,” tegasnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Hal itu disebabkan basis ceruk segmen pemilih yang sama antara Anies dan Prabowo. Sementara, basis ceruk segmen pemilih Ganjar tetap tidak terbelah ketika Prabowo maju pada Pilpres 2024.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Sementara basis suara Anies dan Prabowo terbelah (split ticket voting),” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Pangi mengutip data tabulasi silang (cross tabulation column) Voxpol Center Research and Consulting pada Maret 2022 yang menunjukkan bahwa pemilih Partai Gerindra memilih Prabowo sebesar 55,9 persen, sementara pemilih Partai Gerindra yang memilih Anies Baswedan persentasenya sebesar 44,7 persen.

Berita Lainnya:
TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran tak Gelar Aksi Saat MK Bacakan Putusan

“Dari data ini menunjukkan bahwa pemilih Partai Gerindra split ticket voting terbelah ke capres Anies dan capres Prabowo secara signifikan,” beer Pangi.

“Tentu ini menyulitkan secara matematika politik, tidak mudah bagi Anies yang bukan kader parpol dan tidak punya partai. Dengan demikian, majunya Prabowo sebagai capres tentu saja semakin menutup ruang Anies untuk mendapatkan ‘boarding pass’ dari partai politik,” sambungnya.

Oleh karena iru, ia menilai, majunya Prabowo sebagai Capres 2024 seolah memberi karpet merah kepada Ganjar, untuk memenangi Pilpres 2024.

“Bagaimana cara menganjal kemenangan Anies dan bagaimana memuluskan jalan Ganjar menjadi presiden, ‘kausalitas’ kunci penentunya terkait maju atau tidak Prabowo sebagai capres nantinya,” ujarnya lagi. 

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi