Kamis, 02/05/2024 - 12:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei LSI: Kejakgung Lebih Dipercaya Dibanding KPK dan Polri

ADVERTISEMENTS

Kepercayaan naik karena keberhasilan Kejaksaan Agung membongkar banyak kasus besar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA – Survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan kepercayaan publik terhadap Kejaksaan Agung (Kejakgung) tertinggi di antara lembaga penegak hukum lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Temuan dalam survei itu, menurut Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, tingkat kepercayaan terhadap Korps Adhyaksa melampaui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan pada bulan Agustus berada di angka 75,3 persen, Sementara KPK (73,2 persen) dan Kepolisian (69.6 persen),” kata Djayadi, saat memaparkan hasil survei Penilaian Publik atas Masalah Hukum dan Kinerja Lembaga Penegak Hukum, Rabu (31/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
PKB Bakal Umumkan Cakada Dalam Waktu Dekat


Menurut Djayadi, peningkatan kepercayaan publik turut dipengaruhi keberhasilan Kejaksaan Agung dalam membongkar banyak kasus besar yang melibatkan hajat hidup orang banyak, seperti kasus mafia minyak goreng, mafia pupuk bersubsidi, korupsi impor garam, hingga korupsi lahan sawit dengan nilai kerugian mencapai Rp 104,1 triliun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Kenaikan kepercayaan terhadap Kejakgung sangat signifikan. Dijelaskannya, pada survei Mei 2022, kepercayaan mencapai  60,5 persen, tapi pada Agustus ini mencapai 75,3 persen.


Dari sisi penegakkan hukum, tingkat kepercayaan publik terhadap Kejakgung juga melebihi KPK, pengadilan dan Polri . Hasil survei LSI, Kejaksaan berada di urutan pertama dengan 78 persen. Pengadilan berada di urutan kedua dengan 77 persen. “Sementara KPK berada di angka 75 persen. Polri berada di urutan terakhir dengan 70 persen,” ungkap Djayadi.

Berita Lainnya:
Tersangka Korupsi Timah Hendry Lie tak Ditahan? Kejagung Beri Penjelasan


Dari persepsi pemberantasan korupsi, temuan LSI juga menempatkan Kejaksaan di posisi tertinggi dengan tingkat kepercayaan publik mencapai 76 persen. KPK berada di belakang Kejaksaan dengan 75 persen, pengadilan (75 persen),  dan polisi (64 persen).


Survei LSI ini dilakukan pada Agustus 2022.Jumlah responden yang dipilih secara random sebanyak 1.220 orang. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi