Jumat, 26/04/2024 - 14:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Myanmar Berencana Intervensi di Pasar Valas Rp 2,97 Triliun

ADVERTISEMENTS

Intervensi ini menandai penjualan pertama dolar AS oleh otoritas keuangan Myanmar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Pemerintah militer Myanmar berencana melakukan intervensi di pasar valuta asing (valas) hingga 200 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,97 triliun. Langkah ini ditempuh guna meredakan lonjakan harga komoditas pokok yang didorong oleh tingginya harga bahan bakar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Kebijakan muncul setelah Bank Sentral Myanmar bertemu dengan bank lokal dan importir bahan bakar minyak pekan lalu. Intervensi ini menandai penjualan pertama dolar AS oleh otoritas keuangan dalam hampir enam bulan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Bank sentral Myanmar terakhir menjual 15 juta dolar AS dengan nilai tukar rata-rata 1.778 kyat per dolar AS. Bulan lalu, bank sentral mengubah nilai tukar referensi dari 1.850 menjadi 2.100 kyat per dolar AS karena mata uang nasional terus melemah.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
IMF: Pertumbuhan Ekonomi di MENA Melambat di Tahun Ini


Ekonomi Myanmar telah berada dalam kekacauan sejak militer menggulingkan pemerintah sipil yang dipimpin Aung San Suu Kyi dalam kudeta 2021. Organisasi internasional termasuk Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia mengatakan mereka tidak memiliki data terbaru tentang cadangan devisa Myanmar. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Meski demikian, Menteri Perdagangan Aung Naing Oo mengatakan kepada Bloomberg News cadangan devisa Myanmar sedikit meningkat dibandingkan dengan 6,04 miliar dolar AS yang tercatat pada Oktober lalu.

Berita Lainnya:
Sempat Mundur Setelah Kritik Israel, Paddy Cosgrave Kembali ke Web Summit


Pekan lalu, otoritas memperingatkan tindakan efektif terhadap pedagang valas ilegal di bawah Undang-Undang dan peraturan Pengelolaan Valuta Asing. Bank sentral juga telah memerintahkan bank berlisensi untuk melaporkan penjualan mata uang asing kepada importir bahan bakar dan minyak nabati setiap hari mulai minggu ini.


Harga makanan pokok di Myanmar 34 persen lebih tinggi pada bulan Juli dibandingkan waktu yang sama tahun lalu. Harga bahan bakar tetap lebih tinggi secara signifikan dari satu tahun lalu. Kekurangan bahan bakar pada awal hingga pertengahan Agustus telah menyebabkan kenaikan harga baru.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi