Selasa, 30/04/2024 - 11:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Mengenal Sistem Hima dalam Peradaban Islam

ADVERTISEMENTS

Islam memiliki cara tersendiri dalam menjaga alam yang merupakan ciptaan-Nya

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 Dalam pandangan Islam, alam merupakan anugerah Allah SWT yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tidak diabaikan dan tidak pula digunakan secara berlebihan hingga mengganggu kelestariannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Islam memiliki cara tersendiri dalam menjaga alam yang merupakan ciptaan-Nya, yakni melalui sistem hima. Pada dasarnya, hima sudah ada jauh sebelum turunnya Islam di kawasan Timur Tengah. Secara harfiah, hima berarti “dilindungi atau tempat terlarang”.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Istilah ini biasa digunakan di kawasan Semenanjung Arab yang merujuk pada hamparan tanah de ngan beberapa vegetasi, akses jalan, dan pegunungan. Dengan kata lain, hima merupakan sejenis kawasan lindung yang pada zaman sekarang lebih dikenal dengan istilah konservasi.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Cara Menghormati Masjid Sesuai Sunnah Nabi Muhammad


Pada periode pra-Islam, penerapan hima dilatarbelakangi oleh berbagai macam motif. Beberapa di antaranya, yaitu karena tingginya akti vitas perburuan hewan, penangkapan ikan, dan penebangan pohon di wilayah Mesopotamia kuno dan Mesir. Pada saat itu hima masih dimiliki oleh perseorangan, utamanya para kepala suku yang memiliki pengaruh besar.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Kala itu, hima sering digunakan untuk melindungi suku-suku nomaden tertentu dari sengatan musim kemarau yang panjang. Hima yang biasanya subur karena mengandung banyak air dan rerumputan diguna kan sebagi tempat menggembala ternak.


Namun, karena hanya dikuasai oleh suku-suku tertentu, hima dianggap telah menindas kesejahteraan masyarakat kecil. Praktik hima pada masa itu pun tak bisa dimanfaatkan untuk upaya pelestarian lingkungan jangka panjang.

Berita Lainnya:
Timnas Lolos Semifinal Piala Asia U23, Ini Tuntunan Islam dalam Merayakan Kemenangan


Seiring hadirnya Islam, hima pun berubah fungsi menjadi kawasan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Dalam hal ini, hima diharapkan dapat mem berikan manfaat secara ekonomi dan lingkungan untuk masyarakat. Hima pun kemudian disesuaikan dengan syariat Islam sehingga menjadi lebih fleksibel.


Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam mempraktikkan sistem hima. Keseluruhan syarat ini tentunya berasal dari Nabi Muhammad SAW dan para khalifah sete lahnya. Pertama, kawasan tersebut harus ditentukan berdasarkan kepu tusan pemerintah. Kedua, hima dibangun berdasarkan ajaran Allah SWT, yaitu untuk tujuan-tujuan yang berkaitan dengan kesejahteraan masya rakat umum. Ketiga, tidak menim bulkan kesulitan bagi masyarakat sekitar, dan terakhir harus memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.


 


sumber : Dialog Jumat

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi