Minggu, 05/05/2024 - 02:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Psikolog: Korban Insiden Kanjuruhan Rentan Alami Trauma

ADVERTISEMENTS

Korban insiden Kanjuruhan perlu mendapat dukungan psikologis awal.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Ketua II Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK Indonesia) Ratih Ibrahim menyampaikan bahwa korban dari insiden kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, perlu mendapat pendampingan berupa dukungan psikologis awal (DPA). “DPA adalah sebuah metode untuk membantu seseorang dalam kondisi distress agar mereka merasa tenang dan didukung guna mengatasi tantangan atau permasalahan mereka dengan lebih baik,” kata Ratih saat dihubungi di Jakarta, Senin (3/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Ratih menjelaskan bahwa korban dari insiden Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022) malam tersebut sangat rentan mengalami trauma, yakni luka psikologis yang dialami seseorang akibat peristiwa atau musibah. “Semakin mengerikan peristiwanya semakin besar dalam intens traumanya. Yang mengalami tidak hanya yang secara langsung mengalami, mereka yang ada di sana, menonton pun bisa tetap terdampak,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
4 Gejala Khas Rinitis Alergi Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Bagi korban, yakni orang yang mengalami langsung dan berada di tempat sebuah peristiwa terjadi, lanjutnya, maka potensi trauma yang dimiliki akan amat sangat besar. Bentuk trauma tersebut bisa berupa pengalaman syok yang beragam dengan level kengerian yang berbeda pada setiap orang.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


“Ada yang mungkin menjadi histeris, dihantui ketakutan yang intens terhadap stimulus tertentu. Ada yang sampai secara fisik juga terpengaruh semisal jadi lunglai, jantungnya berdebar-debar kencang, berkeringat dingin dan lainnya,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Ratih mengakui penanganan trauma tidaklah mudah, baik bagi korban dan keluarga korban. Kendati demikian pendampingan dan pertolongan yang empatik, komprehensif serta menyeluruh kepada korban, tetap harus diberikan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Para psikolog klinis di bawah koordinasi Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK Indonesia) wilayah Jawa Timur, disebutnya, telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk turun tangan membantu memberikan dukungan psikologis awal bagi para korban dan keluarganya yang dilakukan di Rumah Sakit Wava Husada.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Gejala Kelainan Darah yang Perlu Diwaspadai, Segera Periksa Diri ke Dokter


“IPK Indonesia turut berduka atas tragedi yang terjadi dan berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan psikologis yang dibutuhkan. Semoga para korban segera pulih baik secara fisik maupun psikologis,” ucapnya.


Adapun berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kota Malang pada Minggu sore (2/10/2022), insiden kerusuhan akibat pertandingan sepak bola Liga 1 tersebut menewaskan 131 orang. Sementara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mendata di antara para korban sedikitnya ada 17 anak yang meninggal dan tujuh anak mengalami luka-luka.


sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi