IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

ASDP Siapkan Layanan Prima untuk Wisatawan ke Bali

ASDP Siapkan Layanan Prima untuk Wisatawan ke Bali
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

ASDP laporkan jumlah wisatawan ke Bali meningkat seiring melandainya kasus Covid-19

 JAKARTA — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan siap memberikan layanan prima bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali dengan menggunakan moda penyeberangan. Terlebih saat ini kinerja pariwisata di Provinsi Bali mulai kembali bangkit seiring kasus Covid-19 yang terus melandai saat ini. 


Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin memperkirakan jumlah pengguna jasa baik di lintas Ketapang-Gilimanuk maupun Padang Bai-Lembar akan terus meningkat seiring semakin melandainya kasus Covid-19 di Tanah Air. “Kami siap memberikan layanan terbaiknya bagi wisatawan di lintas Ketapang-Gilimanuk dan Padang Bai-Lembar tersebut,” kata Shelvy dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (4/10/2022). 


Shelvy menjelaskan, ASDP menyiapkan armada KMP Prathita IV di lintas Ketapang-Gilimanuk. Sedangkan KMP Roditha dan KMP Portlink II di lintas Padang Bai-Lembar. 


Selanjutnya, ASDP juga mengoperasikan enam unit dermaga di Pelabuhan Ketapang dan enam unit dermaga di Pelabuhan Gilimanuk. Selain itu juga dua unit dermaga di Pelabuhan Padang Bai dan 4 unit dermaga di Pelabuhan Lembar.

BACA JUGA:
Ada Dua Nama Calon Direktur Utama Bank Aceh Syariah, James: Muhammadsyah atau Nanang?


“Tak kalah penting, saat ini ASDP sudah menerapkan pemesanan tiket online secara mandiri di lintas Ketapang-Gilimanuk melalui aplikasi FERIZY, website FERIZY.com, dan mitra resmi ASDP yaitu Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay yang dapat dibeli mulai H-60 keberangakatan,” jelas Shelvy.


Shelvy menuturkan pembelian tiket secara daring tersebut merupakan upaya ASDP meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa kapal penyeberangan di seluruh Indonesia. Menurutnya, reaervaai tiket online tersebut menjadi upaya ASDP bertransformasi di era digital sekarang ini sekaligus upaya kami untuk terus meningkatkan layanan kepada pengguna jasa.


“Dengan melakukan reservasi tiket secara online, calon penumpang kini makin dimudahkan dan tentunya aman dalam memesan tiket kapal penyeberangan ASDP,” ucap Shelvy.


Kendati kondisi pandemi Covid-19 sudah semakin membaik, ASDP tetap meminta penumpang mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Mulai 11 Agustus 2022, ASDP mewajibkan calon penumpang berusia di atas 18 tahun memiliki sertifikat vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster sebagai syarat perjalanan menggunakan kapal penyeberangan.


Persyaratan perjalanan tersebut mengacu pada Surat Edaran Ketua Satgas Covid-19 Nomor 23 Tahun 2022 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 79 Tahun 2022. Penumpang juga diharapkan tetap memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan selama perjalanan serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes Covid-19.

BACA JUGA:
Ekonomi Global Masih Suram, Jokowi Minta Jaga Stabilitas Politik


“Kami tak henti-hentinya akan selalu mengingatkan para pengguna jasa agar tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat agar perjalanan dengan kapal ferry tetap lancar, aman, nyaman, dan sehat,” ungkap Shelvy.


Saat ini geliat pariwisata Pulau Dewata tersebut terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang menunjukkan tren peningkatan. Berdasarkan data BPS pada Mei 2022, kunjungan wisatawan mancanegara tercatat 115.611 kunjungan. Lalu pada Juni 2022 meningkat 57,1  persen menjadi 181.625 kunjungan dan Juli 2022 naik lagi 35,72 persen menjadi 246.504 kunjungan.


“Lintas penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai menuju Lembar, Nusa Tenggara Barat yang dikelola BUMN ASDP menjadi jalur padat yang ramai disinggahi para wisawatan,” tutur Shelvy. 


Pada Agustus 2022, ASDP mencatat jumlah pengguna jasa di lintas Ketapang-Gilimanuk mencapai 13.060 orang dan jalur Padang Bai-Lembar sebanyak 13.849 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan periode Juli 2022 yang tercatat 10.154 orang di rute Ketapang-Gilimanuk dan 18.678 orang di lintas Padang Bai-Lembar.

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
ASDP Siapkan Layanan Prima untuk Wisatawan ke Bali
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!