Sabtu, 04/05/2024 - 17:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ini Alasan tidak Boleh Makan Sampai Terlalu Kenyang

ADVERTISEMENTS

Makan yang terlalu kenyang atau berlebihan akan menimbulkan ketidaknyamanan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Setiap orang pernah makan berlebihan. Makan berlebihan didefinisikan sebagai makan terlalu banyak dalam sekali waktu atau mengonsumsi lebih dari kebutuhan energi tubuh. Makan berlebihan dalam artian makan sampai merasa kenyang atau lebih dari kenyang yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Dilansir dari laman Health Digest, Sabtu (8/10/2022), meskipun mungkin terasa memuaskan untuk makan dalam porsi besar, hal ini sebenarnya tidak sehat. Beberapa komplikasi dari makan berlebihan bisa terjadi, termasuk merasa kembung, lesu, sulit tidur, atau refluks asam.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Jika merasa makan berlebihan, coba ikuti tips dari Jepang. Orang Jepang memiliki frasa yang disebut hara hachi bu, yang berarti makan sampai kenyang 80 persen dan berasal dari Okinawa. Ini saran yang bagus, yang pada dasarnya berarti Anda harus makan dalam jumlah yang akan membuat Anda merasa kenyang tetapi tidak sepenuhnya kenyang. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Mengapa Anak-Anak yang Kecanduan Teknologi Kelak Lebih Berisiko Terkena Psikosis?


Ada hal- hal lain yang dapat dilakukan untuk mengelola keinginan makan dan menghindari makan berlebihan, tetapi terkadang solusi paling sederhana adalah yang terbaik. Salah satu caranya dengan makan perlahan. Hal ini dapat membantu mengatasi makan berlebihan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Saat Anda makan, perut Anda mengembang. Semakin banyak makanan yang Anda makan, semakin besar perut Anda akan mengembang untuk menampung.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Perut memiliki reseptor peregangan yang aktif ketika air atau makanan masuk ke perut, dan reseptor ini mengirim sinyal ke otak melalui saraf vagus yang menghubungkan usus dan batang otak. Semakin cepat Anda makan, semakin sedikit waktu yang tersedia untuk sinyal-sinyal ini mencapai otak Anda, membuat Anda berpikir bahwa Anda tidak kenyang seperti sebenarnya. Itu sebabnya tidak ada peningkatan bertahap dalam perasaan kenyang saat Anda makan berlebihan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Waspadai Pola Pelana Kuda: Turunnya Demam pada Hari Keempat DBD Bukan Pertanda Baik


Menariknya, beberapa peneliti percaya bahwa makan berlebihan tidak menyebabkan obesitas, melainkan apa yang Anda makan daripada seberapa banyak Anda makan yang mendorong obesitas. Namun, makan berlebihan memang memiliki risiko, termasuk menciptakan kelebihan lemak tubuh tergantung pada apa yang Anda makan berlebihan, meningkatkan risiko penyakit, dan bahkan dapat merusak fungsi otak.


Makan berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Makan porsi kecil dengan kecepatan lebih lambat dapat membantu Anda menghindari makan sampai Anda merasa kenyang. Dengarkan tubuh Anda dan pastikan untuk berhenti makan jika Anda mulai merasa kenyang.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi