Jumat, 26/04/2024 - 15:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Ekonom Australia yang Didakwa Junta Dipindahkan ke Penjara Insein Yangon

ADVERTISEMENTS

Ekonom Australian yang didakwa oleh junta Myanmar dipindahkan dari penjara militer

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

YANGON — Seorang ekonom Australian, Sean Turnell yang telah didakwa oleh junta Myanmar dipindahkan dari penjara militer di Naypyitaw ke Penjara Insein di Yangon. Turnell bekerja sebagai penasihat pemimpin sipil Muammar yang digulingkan, Aung San Suu Kyi setelah kudeta pada Februari tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pada September, Turnell dan Suu Kyi divonis hukuman penjara oleh pengadilan junta karena melanggar undang-undang rahasia resmi. Masing-masing dipenjara selama tiga tahun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Sean Turnell dipindahkan ke penjara Insein,” kata seorang sumber yang mengetahui kasus tersebut tanpa merinci kapan ekonom itu dipindahkan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Qatar Telepon Arab Saudi, Tekankan Deeskalasi untuk Hindari Konflik di Kawasan

Ratusan tahanan politik di perkirakan masih ditahan di penjara Insein Yangon uang cukup luas, termasuk warga negara asing. Mantan duta besar Inggris untuk Myanmar Vicky Bowman menjalani hukuman satu tahun penjara di Insein. Sementara wartawan Jepang, Toru Kubota yang divonis sepuluh tahun penjara juga ditahan di kompleks penkara era kolonial tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut sumber hukum, masa hukuman penjara Turrell selama tiga tahun memenuhi syarat untuk pengurangan hukuman. Dengan demikian, Turnell dapat menjalani sekitar separuh dari masa hukuman. Turnell ditangkap setelah kudeta pada 1 Februari tahun lalu. Dia sedang dalam wawancarai melalui telepon dengan BBC ketika ditahan.

Berita Lainnya:
Irak Tunda Pemungutan Suara RUU Hukuman Mati Bagi Hubungan Sesama Jenis

“Saya baru saja ditahan saat ini, dan mungkin didakwa dengan sesuatu, saya tidak tahu apa itu,” kata Turnell kepada BBC saat ditangkap.

Dilansir Alarabiya, Senin (17/10/2022), sejauh ini pengadilan Myanmar belum mempublikasikan rincian pelanggaran yang dilakukan oleh Turnell. Proses persidangan Turnell maupun Suu Kyi selalu digelar tertutup dan wartawan dilarang meliput. Selain itu, pengacara terdakwa diperintahkan agar tidak berbicara kepada media. Televisi pemerintah yang dikendalikan junta mengatakan, Turnell memiliki akses informasi keuangan rahasia negara dan telah mencoba melarikan diri dari Myanmar.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi