Jumat, 03/05/2024 - 23:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Empat Skincare yang Dibutuhkan Penderita Rosacea

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Penderita rosacea bisa menghindari kekambuhan dan mencegah keparahan gejala dengan menjaga kesehatan kulit wajahnya. Dengan produk perawatan kulit (skincare) yang tepat, penderita rosacea bisa mengurangi keluhan gatal-gatal.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kalau menderita penyakit tersebut, secara garis besar ada empat jenis skincare yang perlu dipakai, yaitu pembersih muka (cleanser), pelembap, tabir surya (sunscreen), dan make up corrector,” kata dokter spesialis dermatologi venereologi dan estetika konsultan, Shannaz Nadia Yusharyahya, dalam diskusi daring di Jakarta, Senin (22/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dokter Shannaz menjelaskan rosacea merupakan sebuah penyakit radang kronis yang memunculkan benjolan-benjolan berukuran kecil yang diikuti kemerahan dan bernanah. Gejala itu biasa muncul pada lokasi T, yakni dahi, hidung, dagu, dan pipi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Lima Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Bepergian dalam Waktu Lama
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rosacea dapat dikatakan kompleks karena belum diketahui secara pasti faktor pencetus utamanya. Penderitanya sering kali mengalami rasa nyeri atau terbakar hingga adanya keluhan pada mata, tergantung dari tingkat keparahan rosaceanya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Penyebabnya belum diketahui dengan jelas, namun kita sudah mengetahui bahwa ada faktor genetik di sana, ada juga pencetus lain seperti diseksi pembuluh darah dan sistem imun,” ucap dokter dari RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta itu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Rasa gatal tersebut, lanjut dr Shannaz, kemungkinan besar memicu para penderita terus menggaruk benjolan-benjolan yang ada pada muka, sehingga berbahaya bagi kesehatan kulit. Dia pun menyarankan agar penderita rosacea menghindarinya dengan cara berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan tata laksana medis yang tepat, baik dengan obat oles atau obat minum, serta melakukan perawatan kulit secara mandiri.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Hernia Tumbuh Sebesar Bola Bowling, Bikin Perut Pria Inggris Membuncit Seperti Hamil

Sabun cuci muka

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Saat melakukan perawatan kulit, dr Shannaz menyarankan agar penderita rosacea mengenakan sabun cuci muka yang Potential of Hydrogen (pH) dan kandungannya sesuai dengan tipe kulit masing-masing. Misalnya, pada pemilik kulit berminyak, dianjurkan untuk memilih sabun muka yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Pelembap wajah

Produk kedua yang disarankan, yakni pelembab wajah. Tujuan pemakaiannya ialah untuk meningkatkan kelembaban kulit, sehingga potensi terkena iritasi ataupun peradangan akibat pembengkakan pembuluh darah dapat diminimalkan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi