Senin, 06/05/2024 - 12:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Kemendikbudristek: Guru Penggerak Aktifkan Komunitas Belajar

ADVERTISEMENTS

Meningkatkan kompetensi guru agar mampu mewujudkan rasa aman dan bahagia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengatakan Program Pendidikan Guru Penggerak bertujuan agar guru dapat menggerakkan komunitas belajar dan mendorong cita-cita Merdeka Belajar. Program juga bertujuan meningkatkan kompetensi guru agar mampu mewujudkan rasa aman, nyaman, dan bahagia bagi para peserta didik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Program ini berfokus pada kepemimpinan pembelajaran, agar guru dapat menggerakkan komunitas belajar baik di dalam maupun di laur lingkungan sekolah masing-masing, serta mendorong terwujudnya cita-cita Merdeka Belajar sepenuhnya bagi peserta didik,” kata Plt Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani dalam pembukaan Pendidikan Guru Penggerak angkatan tujuh yang digelar daring diikuti di Jakarta, Kamis (20/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
UNM Gelar Edufair 2024, Berikan Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Melalui Jalur Undangan
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia mengatakan, program Pendidikan Guru Penggerak dirancang menggunakan pendekatan andragogi dan pembelajaran campuran atau blended learning yang dilaksanakan selama enam bulan. Kemudian, didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dalam pelaksanaannya, ujar dia, Pendidikan Guru Penggerak dihadirkan dalam tiga format, yakni on the job training (70 persen), kegiatan belajar bersama rekan sejawat (20 persen), dan pembelajaran bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping (10 persen).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Sekitar 70 persennya dihadirkan dalam format on the job training di mana meskipun guru-guru ikut sebagai peserta, dia tetap dapat bertugas mengajar dan menggerakkan komunitas di sekolah mereka masing-masing,” kata Nunuk.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia mengatakan, sebagaimana yang sering diucapkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, pekerjaan di dunia pendidikan merupakan sebuah upaya membangun peradaban. Sehingga, pekerjaan di dunia pendidikan tidak hanya sekadar mengajar dan membahas kurikulum serta hasil belajar, tapi juga melahirkan generasi masa depan yang cemerlang yang mampu menjawab tantangan zaman.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Ini Beberapa Keuntungan Memiliki Perpustakaan Digital Bagi Kampus

Untuk itu, Nunuk pun berpesan kepada para peserta Pendidikan Guru Penggerak angkatan tujuh untuk terus semangat dan sabar dalam menjalani pendidikan yang akan berlangsung selama enam bulan. “Apabila nanti semangatnya menurun, jangan kendor. Kembalilah ke motivasi awal saat mendaftar mengikuti seleksi ini,” ujar Nunuk.

Ia mengatakan, jika pendidikan ibarat sebuah kapal dan murid-murid adalah penumpang, maka guru adalah mercusuar yang akan memberi petunjuk ke mana kemudi kapal akan diarahkan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi