Sabtu, 04/05/2024 - 07:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Terkena Eksim Memang tak Nyaman, Tapi Risiko Kena Kanker Kulit Jadi Lebih Rendah

ADVERTISEMENTS

Peneliti Inggris ungkap kaitan antara menderita eksim dan risiko rendah kanker kulit.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Eksim merupakan masalah kulit yang cukup rumit untuk dikelola. Meski di satu sisi bisa memunculkan perasaan tak nyaman, terkena eksim ternyata juga bisa membawa manfaat tersendiri kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Eksim terjadi ketika kulit mengalami peradangan hingga memicu iritasi dan gatal. Eksim bisa membuat area kulit yang terdampak menjadi kering, gatal, dan lebih menonjol.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Hubungan antara eksim dan risiko kanker kulit disoroti dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari King’s College London di Inggris. Studi ini menemukan bahwa eksim bisa memicu respons imun yang dapat mencegah terbentuknya tumor ganas atau kanker.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Respons imun tersebut bekerja dengan cara membuat sel-sel kanker berbahaya lepas melalui permukaan kulit. Seperti diketahui, eksim terkafang membuat struktur protein di lapiasan terluat kulit menjadi terlepas.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Jangan Paksakan Kondisi-Kondisi Ini Usai Libur Lebaran

Studi ini dilakukan pada hewan coba tikus. Genetik sebagian tikus ini dimodifikasi agar menyerupai kelainan kulit yang biasa ditemukan pada penderita eksim. Tim peneliti lalu memaparkan zat kimia penyebab kanker pada tikus biasa dan tikus yang sudah direkayasa genetiknya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Hasil studi menunjukkan bahwa kejadian kanker kulit pada tikus dengan rekayasa genetik enam kali lebih rendah dibandingkan pada tikus biasa. Temuan ini mengindikasikan bahwa kelainan yang dimiliki oleh tikus dengan rekayasa genetik seperti penderita eksim bisa melawan terbentuknya tumor kanker kulit.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Temuan kami menunjukkan hubungan yang jelas antara kecenderungan kanker dengan masalah alergi kulit pada model percobaan kami,” ujar peneliti Prof Fiona Watt, seperti dilansir Express, Ahad (30/10/2022).

Berita Lainnya:
Ahli Kemukakan Dampak Infeksi Bakteri Meningitis pada Manusia

Dr Mike Turner mengatakan kasus kanker kulit mengalami peningkatan signifikan dj banyak negara. Oleh karena itu, temuan apa pun yang berkaitan dengan kemampuan tubuh dalam mencegah pertumbuhan kanker kulit akan sangat bermanfaat dalam mengembangkan upaya untuk melawan kanker kulit.

“Temuan ini membuat jalan baru untuk mengeksplorasi (penelitian) sekaligus memberikan sedikit perasaan nyaman bagi mereka yang mengalami eksim,” ujar Dr Turner.

Memahami kanker kulit

Secara umum, kanker kulit bisa dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu kanker kulit melanoma dan nonmelanoma. Kanker kulit melanoma merupakan jenis yang bisa menyebar ke bagian tubuh lain, sedangkan kanker kulit non melanoma hanya menetap di permukaan kulit.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi