IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Museum Sumpah Pemuda Sebut Konsultan Lakukan Kesalahan Prosedur

Duplikat biola Wr Supratman di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat.
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Benny Rusmawan memegang biola bersejarah Wr Supratman dan memoto tanpa izin petugas.

JAKARTA — Museum Sumpah Pemuda melakukan klarifikasi terkait unggahan viral yang dilakukan Benny Rusmawan. Sehubungan dengan unggahan Benny Rusmawan tentang biola Wr Supratman, museum yang beralamat di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Jakarta Pusat, menyampaikan beberapa pernyataan.

“Museum Sumpah Pemuda pada tahun 2021, melaksanakan revitalisasi tata pamer pameran tetap. Museum melaksanakan pemindahan koleksi dari storage lama ke storage baru, dan Saudara Beny adalah konsultan pengawas,” demikian keterangan Museum Sumpah Pemuda dikutip Republika di Jakarta, Senin (31/10/2022).

Dalam proses revitalisasi, terdapat pendokumentasian koleksi yang dilaksanakan petugas Museum Sumpah Pemuda. “Di saat itulah, Saudara Benny melakukan pendokumentasian koleksi pribadi secara spontan. Museum dalam hal ini telah melaksanakan kesalahan prosedur sehingga Saudara Beny dengan leluasan memegang koleksi tersebut saat proses pemindahan dan mengambil dokumentasi pada tahun 2021,” kata Museum Sumpah Pemuda.

BACA JUGA:
PAN Tegaskan tak Ingin Paksakan Pembahasan Omnibus Law Kesehatan

Setelah menyadari kejadian tersebut, pengelola museum langsung melaksanakan konservasi tingkat ringan dan kembali menyimpan koleksi biola. Museum Sumpah Pemuda memohon maaf kepada masyarakat lyas dan akan memperbaiki kembali prosedur pengamanan dan pemindahan koleksi.

“Museum Sumpah Pemuda memastikan koleksi tersebut dalam kondisi baik dan aman tanpa kekurangan sesuatu apapun. Museum Sumpah Pemuda juga telah memberikan teguran dan meminta Saudara Beny untuk menghapus unggahannya. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.”

BACA JUGA:
Soal Penembakan Imam Masjid di Manokwari, Ini Kata Polisi

Sebelumnya, Benny mengunggah foto ketika sedang mengawasi proses revitalisasi tata pamer di Museum Sumpah Pemuda. Sayangnya, ia memegang biola bersejarah tidak sesuai prosedur dan mendokumentasikannnya tanpa seizin petugas sehingga mendapat kecaman dari warganet. Dia pun akhirnya meminta maaf karena sudah ditegur pengelola Museum Sumpah Pemuda.

“Saya memang salah, tapi mungkin buat saya pelajaran berharga, tak semua bisa saya posting di media sosial. Karena belum tentu otak orang sama. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf jika ada yang terganggu,” kata Benny.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Museum Sumpah Pemuda Sebut Konsultan Lakukan Kesalahan Prosedur
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!