Kamis, 02/05/2024 - 18:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Presiden Korsel Kunjungi Altar Perkabungan Tragedi Kerumunan Itaewon

ADVERTISEMENTS

Yoon dan Kim mengunjungi altar yang didirikan di Seoul Plaza di depan Balai Kota

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

SEOUL – Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol dan istrinya, Keon-hee, mengunjungi altar perkabungan untuk para korban tragedi kerumunan Itaewon di Seoul, Senin (31/10/2022). Yoon sebelumnya telah mengumumkan masa berkabung nasional hingga 5 November dan memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang untuk menghormati para korban.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Yoon dan Kim mengunjungi altar yang didirikan di Seoul Plaza di depan Balai Kota, meletakkan bunga, kemudian menundukkan kepala mereka dalam doa hening,” kata kantor berita Korsel, Yonhap, dalam laporannya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Yoon tak memiliki agenda kegiatan publik lain pada Senin sebab dia berfokus pada penanganan setelah tragedi kerumunan mematikan di Itaewon. Hingga berita ini ditulis, jumlah kematian akibat kejadian di Itaewon telah mencapai 154 jiwa.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Presiden Korsel akan Sampaikan Pernyataan Publik Usai Kalah Pemilu

Pada Ahad (30/10/2022) lalu, Yoon Suk-yeol telah mengumumkan masa berkabung nasional. “Ini benar-benar mengerikan. Bencana dan tragedi hari Sabtu (29/10/2022) seharusnya tidak pernah terjadi. Sebagai presiden, yang bertanggung jawab atas kehidupan dan keselamatan rakyat, hati saya berat dan saya berjuang untuk mengatasi kesedihan saya,” kata Yoon dalam pidatonya di kantor kepresidenan Korsel.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dia mengatakan, selain pengobatan korban luka, pemerintah pun akan membantu persiapan pemakaman para korban jiwa. Yoon berharap insiden seperti di Itaewon tak terulang kembali. “Kami akan menyelidiki secara menyeluruh penyebab kecelakaan dan melakukan perbaikan mendasar agar kecelakaan serupa tidak terjadi lagi di masa depan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Segera setelah menyampaikan pidatonya, Yoon mengunjungi lokasi insiden di Itaewon. Sekitar 100 ribu orang dilaporkan menghadiri perayaan Halloween di distrik Itaewon pada Sabtu malam pekan lalu. Banyak dari mereka yang menyusuri jalan kecil di dekat Hotel Hamilton. Masifnya warga yang berusaha menyusuri jalan tersebut membuat ruang pergerakan terkunci.

Berita Lainnya:
Warga Gaza Bersuit dan Berseru Allahu Akbar Saat Iran Serang Israel 

Aksi berdesak-desakan tak terhindarkan. Kepanikan dan jerit histeris mulai terjadi saat terdapat warga yang terinjak-injak. Sebanyak 142 kendaraan pemadam kebakaran dilaporkan dikerahkan ke Itaewon untuk membantu proses evakuasi warga yang terimpit tak berdaya.

Setidaknya 400 pekerja darurat turut dikerahkan ke lokasi kejadian untuk merawat para korban. Sebagian korban segera dilarikan ke rumah sakit. Sementara yang lainnya ditangani langsung di tempat kejadian. Dalam rekaman yang beredar di media sosial, terlihat para pekerja darurat dan warga melakukan CPR pada orang-orang tak berdaya yang tergeletak di jalan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi