Rabu, 29/05/2024 - 21:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

IN-DEPTH

Saat Zakat Menjadi Penyelamat Resesi Ekonomi

Lembaga zakat juga dalam dimensi yang berbeda, punya tanggungjawab untuk mengedukasi para muzakinya agar bisa hidup sederhana dan melakukan penghematan. Hal ini perlu dilakukan muzaki agar ia punya kemampuan cadangan dana yang cukup ketika resesi terjadi dan mampu terus beramal dan peduli dengan tetap berbagi untuk sesama.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Bukti bahwa dana ZIS ini berperan optimal ketika krisis adalah saat di Indonesia terjadi pandemi dan muncul kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar) yang menyebabkan banyak sekali orang kehilangan pekerjaan. Dengan kehadiran semangat kegotongroyongan dan jiwa kepedulian pada sesama, para muzaki bergerak membantu mustahik melalui lembaga-lembaga zakat dan sosial yang ada.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Gerakan ini-lah yang riil menjadi “katup pengaman” saat krisis terjadi. Dan di tengah ancaman resesi, hal ini pula yang akan kembali menguatkan masyarakat dhuafa, terutama mereka yang tak berdaya dan tak punya kemampuan finansial yang cukup.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dengan dana ZIS yang dihimpun melalui organisasi pengelola zakat akan banyak rakyat kecil terselamatkan dari kelaparan serta memburuknya kesehatan karena tiadanya kecukupan pendapatan. Dana ZIS juga bila didayagunakan secara produktif, akan mampu membantu masyarakat dalam mengurangi beban ekonomi.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dengan pengelolaan yang kreatif, inovatif serta penuh profesionalisme, dana ZIS yang didayagunakan bagi mustahik akan mampu memicu kemandirian bagi ekonomi keluarga mereka. Wujud dana ZIS juga bisa diberikan dalam bentuk program-program pelatihan gratis bagi masyarakat yang kena PHK sekaligus mendorong kegiatan kewirausahaan yang bermanfaat.

Dengan demikian, resesi ekonomi global mungkin saja terjadi dan akan juga berdampak pada negeri ini, namun bila masih ada nyala kepedulian di orang-orang berpunya (muzaki), semoga dampaknya tidak terlalu besar dan memporakporandakan sendi-sendi ekonomi masyarakat. Dengan semangat gotong royong, semoga masyarakat bawah segera bisa tertolong dan kembali bangkit dari berbagai dampak negafif krisis ekonomi yang terjadi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi