Jumat, 26/04/2024 - 10:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

China Kecam Kunjungan Menteri Perdagangan Inggris ke Taiwan

ADVERTISEMENTS

Inggris diminta menghormati kedaulatan China dan hentikan kontak resmi dengan Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 BEIJING — China pada Senin (7/11/2022) mengecam kunjungan Menteri Kebijakan Perdagangan Inggris, Greg Hands, ke Taiwan. China mengatakan, Inggris harus menghormati kedaulatan China dan menghentikan kontak resmi dengan Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Inggris harus menghormati kedaulatan China, menegakkan prinsip satu-China, dan menghentikan segala bentuk kontak resmi dengan Taiwan, serta berhenti mengirim sinyal yang salah kepada pasukan separatis kemerdekaan Taiwan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian pada briefing harian.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Pemerintah Inggris mengatakan, Hands melakukan kunjungan selama dua hari di Taiwan. Dia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan menjadi tuan rumah bersama pembicaraan perdagangan tahunan ke-25 antara kedua pihak. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Konsisten Perjuangkan Palestina, Indonesia Terima Penghargaan dari Negara Arab


China telah memberlakukan larangan visa terhadap pejabat asing dan pemerintah yang memperluas kontak kenegaraan dengan Taiwan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Secara formal, Taiwan hanya memiliki hubungan diplomatik formal dengan 14 negara. Taiwan dikeluarkan dari PBB dan kelompok multinasional besar lainnya atas desakan Beijing. Namun, demokrasi Taiwan berkembang pesat dan memiliki ekonomi teknologi tinggi yang mumpuni. Taiwan terletak di lokasi strategis di Asia-Pasifik dan mendapatkan dukungan yang kuat dari sebagian besar negara.


Sebelumnya, China geram dengan kunjungan Ketua House of Representatif AS Nancy Pelosi ke Taiwan. Kunjungan Pelosi mendorong China menembakkan rudal dan menempatkan pesawat serta kapal di sekitar Taiwan. China juga mengintensifkan latihan militer di dekat Taiwan. Namun ancaman China tidak berpengaruh. Taiwan terus menerima kunjungan dari pejabat Eropa dan Amerika Utara.

Berita Lainnya:
Interpol: Penyelundupan Manusia di Asia Tenggara Menjadi Krisis Global


Zhao memperingatkan para pejabat Taiwan bahwa, upaya mereka untuk mencari kemerdekaan dengan dukungan asing akan gagal. China mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya. China mengancam akan mencaplok Taiwan dengan paksa. China  juga berusaha untuk mengisolasi Taiwan secara diplomatis, dan mengharuskan pemerintah memiliki hubungan formal untuk menghormati prinsip “satu-China”. 

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi