Selasa, 30/04/2024 - 07:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

APLIKASITEKNOLOGI

Twitter Siapkan Enkripsi end-to-end untuk Direct Message?

ADVERTISEMENTS

Twitter mengarap fitur enkripsi meski belum jelas kapan diluncurkan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Sejak Elon Musk mengambil alih jejaring sosial Twitter, dia membuat gebrakan-gebrakan besar di di perusahaan. Setelah membuat kontroversi dengan memecat ribuan karyawan dan kontraktor, Musk membuat perubahan dengan menghadirkan enkripsi end-to-end untuk direct message atau pesan langsung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Enkripsi end-to-end akan menjadi fitur yang harus dimiliki di semua aplikasi obrolan yang tersedia di iPhone dan Android. Fitur keamanan diaktifkan secara default di iMessage, WhatsApp, dan Signal. Demikian pula, Telegram mendukung enkripsi end-to-end, seperti halnya Messenger Meta. Namun, Anda harus mengaktifkannya untuk setiap obrolan individu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Begini Cara Berbagi Foto Lebaran Tanpa Menggunakan Internet
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Pesan RCS Google juga mendukung enkripsi end-to-end. Secara terpisah, Meta mengatakan ingin menyatukan obrolan WhatsApp, Messenger, dan Instagram ke dalam satu platform yang mendukung enkripsi end-to-end. Namun rencana itu belum juga membuahkan hasil.

ADVERTISEMENTS


Twitter tidak memiliki enkripsi end-to-end yang berfungsi pada Pesan Langsung. Namun, perusahaan mulai mengerjakannya pada 2018. Itu tentu saja merupakan peningkatan signifikan yang dapat membuat Twitter lebih bermanfaat. Sayangnya, pengguna jangan dulu berekspektasi terlalu tingi sampai perusahaan lebih stabil.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Yang jelas Twitter sedang menggarap fitur tersebut. Peneliti aplikasi Jane Manchun Wong menemukan jejak kode di Twitter untuk Android, yang menunjukkan bahwa Direct Message akan mendukung enkripsi end-to-end. Dia memposting tangkapan layar di Twitter yang kemudian menarik perhatian Musk. 

Berita Lainnya:
MacBook M4 Diperkirakan Akan Dirilis Pada Akhir 2024


Musk menjawabnya dengan emoji wajah yang mengedipkan mata, sepertinya mengonfirmasi bahwa fitur tersebut sedang dalam pengembangan.


Namun, tidak ada batas waktu untuk rilis enkripsi end-to-end untuk obrolan Twitter. Selain itu  tidak jelas apakah Twitter memiliki sumber daya untuk melakukannya sekarang.


Enkripsi end-to-end akan membawa komunikasi yang aman ke Twitter, sebuah fitur yang pasti dibutuhkan Musk untuk visi keseluruhan apa pun yang dia miliki untuk jejaring sosial.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi