Minggu, 05/05/2024 - 08:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Kemenkop dan UMKM: Kewirausahaan Perlu Dibentuk Sejak Usia Mahasiswa

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Susetya Herawati dalam paparannya menjelaskan untuk menjadi wirausaha, menemukan ide bisnis adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh seseorang. Ide ini bisa digali dari potensi yang dimiliki individu seperti bakat dan hobi. Bisa juga muncul dari persoalan yang terjadi di sekitar, atau inspirasi dari masalah personal, menemukan pesaing, dan melalui riset. “Ide-ide itu semua karena kita lahir memang punya kreativitas yang bersangkutan dengan kemauan dan kehendak,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kreativitas, lanjut Herawati, berbeda dengan inovasi. Kreativitas adalah kapasitas pikiran, dengan melibatkan rasa dan kehendak. “Talenta atau bakat bawaan mendukung kreativitas, meskipun tidak semua orang yang memiliki talenta adalah kreatif, jenius adalah orang yang brilian dan sekaligus kreatif,” ucapnya. “Meski demikian, kreativitas tidak akan menjadi apa-apa jika tidak disentuh dengan knowledge dan inovasi.”

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Rektor UMJ Sebut Moralitas Jadi Nilai Penting dalam Demokrasi
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Lebih lanjut Herawati mengatakan, penduduk Indonesia saat ini tercatat 270,2 juta jiwa, di mana penduduk usia produtif mencapai 191,08 juta jiwa dan yang berusia milenial 69,38 juta jiwa. “Artinya, 25,87 persen dari jumlah penduduk Indonesia merupakan generasi muda yang pada tahun 2030 nanti akan menjadi penopang dari penduduk usia tua. Bayangkan apa yang akan terjadi, jika generasi milenial tersebut menganggur,” kata dia mengingatkan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Karena itu, Herawati yang juga ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK) Unkris menilai solusinya adalah menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada generasi milenial terutama para mahasiswa.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


Bagi Herawati, bangsa Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi wirausaha yang mampu mengembangkan produk inovasi. Karena syarat menjadi negara maju harus memiliki wirausaha sekitar 14 persen dari total jumlah penduduknya. Sedang Indonesia saat ini baru memiliki 3 persen dari penduduknya yang menjadi wirausaha. Ruang lingkup wirausaha itu sendiri meliputi bidang ekonomi kreatif, pemberi jasa, perdagangan, agraris, dan maritim.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
PGRI Ingatkan Pemerintahan Baru Jangan Mudah Ubah Kurikulum

Komsos Kreatif 2022 merupakan hasil kerja sama antara Mabes TNI dengan Unkris. Mengambil tema “Melalui Komsos Kreatif Kita Wujudkan Ekonomi Kreatif Kerakyatan dalam Rangka Membantu Mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional”, kegiatan tersebut dihadiri Aster Panglima TNI Mayjen TNI Purwo Sudaryanto, Ketua Senat/Pembina Yayasan Unkris Prof. Dr. T.Gayus Lumbuun SH, MH, Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin SH, dan Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SiP.,CIQaR.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sumber: Republika

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi