Jumat, 03/05/2024 - 14:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

4 Sikap Ini Bisa Perpendek Harapan Hidup

ADVERTISEMENTS

“Meski kebiasaan tersebut tampak tak berbahaya, semuanya bisa berkontribusi terhadap penurunan kesehatan dan kesejahteraan kita secara umum,” kata dokter keluarga dari Holistic Wellness Strategies, Dr Tomi Mitchell, seperti dilansir EatThis. Setidaknya ada empat sikap dan kebiasaan yang tanpa disadari bisa membawa dampak buruk bagi kondisi kesehatan. Berikut ini adalah keempat sikap tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Prokrastinasi

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kebiasaan menunda atau prokrastinasi bisa membawa beberapa konsekuensi negatif terhadap berbagai aspek, seperti performa kerja dan nilai yang menurun. Di sisi lain, prokrastinasi juga bisa mempengaruhi peluang hidup seseorang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Beberapa studi menemukan bahwa pasien kanker yang menunda-nunda terapi memiliki risiko lebih besar terhadap kematian. Prokrastinasi memang cukup sulit untuk dihindari, namun bila sudah berkaitan dengan masalah kesehatan, setiap waktu yang bergulir akan sangat berharga.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Dokter: Kebiasaan Dengar Musik Pakai Earphone Picu Gangguan Pendengaran

Menjadi People Pleaser

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Orang yang memiliki kecenderungan sebagai people pleaser biasanya akan lebih mudah terbawa arus. Salah satunya adalah mudah mengikuti kebiasaan-kebiasaan kurang baik yang dilakukan oleh teman sebaya seperti merokok atau minum alkohol. Padahal, kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa meningkatkan risiko beragam penyakit.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Bila Anda seorang people pleaser, penting untuk menyadari tiap risiko dan mengambil langkah yang dapat melindungi diri Anda,” ujar Dr Mitchell.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Malu untuk BAB di Toilet Umum

Sebagian orang merasa enggan atau malu untuk buang air besar di toilet umum. Padahal, menahan kotoran yang seharusnya dikeluarkan bisa memicu terjadinya konstipasi. Konstipasi yang diiringi dengan kurangnya konsumsi serat bisa menjadi faktor risiko dari kanker kolon menurut Dr Mitchell.

Berita Lainnya:
Mitoni, Wujud Kearifan Lokal untuk Perangi Stunting

Berpikiran Buruk

Perasaan dan pikiran yang buruk bisa memberikan efek merugikan bagi kesehatan fisik. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan sikap atau perilaku positif memiliki peluang lebih rendah untuk terkena kanker.

Tak hanya itu, sikap positif juga dapat memberi manfaat bagi pasien kanker. Pasien kanker yang memiliki sikap positif kerap merespons pengobatan dengan baik.

Belum diketahui secara pasti mengapa berpikir positif bisa memberikan pengaruh baik bagi kesehatan. Namun salah satu kemungkinannya adalah berpikir positif dapat membantu meningkatkan sistem imun, sehingga tubuh bisa memiliki kemampuan yang lebih baik untuk melawan penyakit.

Selain itu, pikiran yang positif cenderung membuat seseorang memilih kebiasaan yang lebih menyehatkan. Beberapa contohnya adalah menerapkan pola makan yang sehat dan beragam serta rutin berolahraga.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi