Sabtu, 04/05/2024 - 13:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ahli: Long Covid-19 dapat Menyebabkan Kerusakan Hati

ADVERTISEMENTS

Infeksi Covid-19 yang berkepanjangan atau long Covid bisa menyebabkan pengerasan hati

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Menurut data awal Covid-19, orang sehat yang terinfeksi menunjukkan tes fungsi hati yang tidak normal, menunjukkan potensi hubungan langsung antara keduanya. Infeksi virus sel hati pada orang dengan infeksi virus corona mungkin menjadi penyebab langsung kerusakan hati.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Studi terbaru menunjukkan bahwa infeksi Covid-19 yang berkepanjangan atau long Covid dapat menyebabkan pengerasan hati yang disebabkan oleh peradangan yang disebabkan oleh sitokin yang dilepaskan selama infeksi atau peningkatan kadar endotoksin. Tingkat endotoksin yang tinggi dapat menyebabkan fibrosis dan meningkatkan kemungkinan masalah tambahan seperti hipertensi portal dan sirosis.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kaitan Penyakit Autoimun Rheumatoid Arthritis dengan Risiko Sulit Hamil
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dokter spesialis penyakit dalam di Fortis Hospital, Anandapur, Kolkata, Joydeep Ghosh, mengatakan bahwa virus COVID memiliki afinitas khusus terhadap kolangiosit, yaitu sel yang melapisi saluran empedu di dalam dan di luar hati.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Hati yang merupakan organ kekebalan tubuh terbesar, menjadi sasaran kompleks antigen-antibodi setelah infeksi COVID. Akibatnya, Covid-19 cenderung mempengaruhi hati pada lebih dari separuh kasus,” kata dia seperti dilansir dari Times Of India, Ahad (25/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dalam kebanyakan kasus, penyakit hati ini tidak menunjukkan gejala dan didiagnosis dengan peningkatan transien enzim hati seperti GOT dan SGPT. Namun, terkadang kerusakan hati bisa lebih parah, menyebabkan hepatitis akut dan bermanifestasi sebagai penyakit kuning. Orang dengan penyakit hati yang sudah ada sebelumnya, terutama sirosis, berisiko mengalami penyakit hati yang memburuk akibat infeksi Covid-19.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Menkes: Edukasi Ibu Rumah Tangga Penting dalam Penanganan Arbovirus

Selain itu, gejala jangka panjang yang terkait dengan Covid-19 atau long Covid termasuk kelelahan dan malaise, yang dapat memperburuk kondisi yang mendasarinya dan memperburuk kasus kerusakan hati dan fibrosis yang parah. Ada juga bukti bahwa kekakuan organ dapat meningkat dari waktu ke waktu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kesimpulannya, peningkatan enzim hati pada penyakit Covid-19 biasanya ringan dan sembuh dengan sendirinya. Apakah timbulnya fungsi hati yang menyimpang terjadi saat diagnosis atau selama pengobatan harus dibedakan melalui pemeriksaan medis yang tepat waktu.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi