Rabu, 01/05/2024 - 00:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Diberi Gelar Letkol Tituler, Deddy Corbuzier Diingatkan Punya Kewajiban Militer

ADVERTISEMENTS

Penerima pangkat tituler mendapatkan beberapa hak sebagai anggota TNI termasuk gaji

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 SURABAYA — Pakar hukum Universitas Airlangga (Unair) Prawitra Thalib mengomentari penyematan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler TNI Angkatan Darat (AD) kepada youtuber Deddy Corbuzier yang menuai pro dan kontra. Gelar tersebut disematkan lantaran kapasitas komunikasi Deddy di media sosial dalam menyebarkan pesan-pesan kebangsaan, dianggap dibutuhkan oleh TNI.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Terkait layak atau tidaknya penyematan gelar tersebut, Prawitra mengatakan, biar bagaimana pun penilaian dan pemberian pangkat tersebut telah diputuskan oleh Panglima TNI dan Kemenhan. “Jika dikatakan layak, ya, sudah terjadi pemberian pangkat tituler tersebut, berarti sudah dikatakan layak. Karena yang berhak menilai dan menentukan ya mereka (Panglima TNI dan Kemenhan),” kata Prawitra, Ahad (25/12/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pengakuan Mbah Benu Soal 'Telepon Allah', Akhirnya Minta Maaf Usai Bikin Gaduh Lebaran 5 April
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Koordinator Program Studi Magister Kajian Ilmu Kepolisian Unair itu menekankan, masyarakat yang menerima gelar tersebut harus dapat menunjukkan kepatuhannya terhadap kewajiban militer yang datang bersamaan dengan penyematan gelar Letkol Tituler. Menurutnya, menjadi masalah ketika sudah menerima pangkat tersebut tetapi tidak menunaikan kewajiban militer sebagaimana diatur dalam undang-undang. “Apalagi jika itu sekadar hanya digunakan untuk menggaet massa, mengingat Deddy Corbuzier adalah influencer,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Pangkat tituler merupakan pangkat khusus selama masih disandang oleh penerima. Karena pangkat tituler bersifat khusus dan temporer, maka selama pangkat itu disandang, penerima pangkat mendapatkan beberapa hak sebagai anggota TNI termasuk gaji, tunjangan, serta kewajiban sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Penyandang pangkat Letkol Tituler juga tidak diperkenankan berpolitik ataupun memihak salah satu pihak, sehingga Deddy sebagai salah satu yang memiliki pangkat tersebut juga terikat dengan peraturan ini,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Tim Hukum Amin: Ahli 02 Rontok Semua

Letkol Tituler sendiri merupakan pangkat atau gelar kehormatan militer yang diperoleh tanpa menjalankan tugas jabatan yang tersebut pada gelarnya. Pangkat ini adalah salah satu pangkat TNI khusus yang kepada warga negara Indonesia yang bukan berasal dari kalangan militer. Aturan mengenai pemberian pangkat Tituler telah tercantum dalam Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit TNI.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi