Jumat, 26/04/2024 - 13:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Makanan Pencetus Kolesterol Tinggi yang Perlu Dihindari

ADVERTISEMENTS

Menggoreng makanan biasanya meningkatkan jumlah kalori.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Angka kolesterol cukup penting untuk diperhatikan karena menunjukkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Pendiri Preventive Cardiology Consultants Elizabeth Klodas, membagikan empat makanan dengan kolesterol tinggi yang harus orang-orang hindari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Seperti disiarkan Medical Daily belum lama ini, salah satu makanan yang dimaksud yaitu daging olahan. Pakar kesehatan sejak lama mengingatkan kerugian makan daging olahan seperti bacon dan hot dog salah satunya meningkatkan kadar kolesterol. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan daging olahan mengandung natrium, lemak jenuh, dan karsinogen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tips Pola Makan Terbaik Bagi Penderita Parkinson

Selanjutnya, daging merah. Klodas mengatakan daging merah, termasuk burger, iga, dan steak mengandung lemak jenuh dan meningkatkan kadar kolesterol. Namun, karena hampir tidak mungkin bagi banyak orang untuk menghindarinya, dia menyarankan untuk makan daging merah setidaknya sepekan sekali.

ADVERTISEMENTS

Makanan yang digoreng juga perlu dihindari. “Menggoreng makanan biasanya meningkatkan jumlah kalori karena lemak jenuh atau trans dan kolesterol diserap oleh makanan selama proses tersebut,” kata Klodas.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain itu, makanan yang dipanggang seperti biskuit, cake, dan kue kering karena biasanya padat kalori dan rendah nutrisi. Hidangan ini juga mengandung banyak gula dan lemak jenuh yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Berita Lainnya:
Tips Aman Konsumsi Daging Saat Idul Fitri

Klodas menyebut, cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjauhi makanan pemicu kolesterol tinggi tersebut. Dia menyarankan makan pilihan yang lebih sehat. Alih-alih daging merah, pilihlah protein tanpa lemak dari ikan, singkirkan makanan yang digoreng dan pilih kangkung atau brokoli. Untuk makanan olahan, tidak ada alternatif yang lebih baik selain menghindarinya. Sedangkan untuk makanan yang dipanggang, cara terbaik adalah memanggangnya di rumah dan mengontrol jumlah lemak dan gula yang digunakan.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi