Jumat, 03/05/2024 - 08:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Ribuan Pelayat Beri Penghormatan Terakhir ke Mendiang Paus Benediktus XVI

ADVERTISEMENTS

Pengamanan di sekitar Basilika Santo Petrus sangat ketat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

ROMA — Puluhan ribu orang berbondong-bondong memenuhi Basilika Santo Petrus pada Senin (2/1) untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang mantan Paus Benediktus XVI. Benediktus meninggal pada Sabtu (31/12) dalam usia 95 tahun di sebuah biara terpencil di Vatikan, yang menjadi tempat tinggalnya sejak mengundurkan diri pada 2013.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 “Saya merasa dia seperti kakek bagi kami,” ujar seorang pelayat Veronica Siegal (16 tahun), yang merupakan siswa sekolah menengah Katolik dari Baton Rouge, Louisiana, yang berada di Roma untuk program studi agama.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Siegal mengatakan, dia telah membaca salah satu buku Benediktus tentang Yesus untuk studinya. Seorang pelayat lainnya, Molly Foley (16 tahun) dari Atlanta, Georgia menyakini Benediktus berada di tempat yang lebih baik. “Saya tahu dia berada di tempat yang lebih baik karena dia orang suci dan dia memimpin dengan sangat baik,” kata Foley.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Utusan AS untuk Gaza: Sebagian Besar Gaza Berisiko Segera Alami Kelaparan

Pengamanan di sekitar Basilika Santo Petrus sangat ketat. Pelayat melewati beberapa titik pemeriksaan sebelum memasuki basilika.  Banyak yang berhenti untuk berdoa setelah melihat jenazah atau tetap menghadiri Misa di kapel.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebelum Gereja dibuka untuk umum, Presiden Italia Sergio Mattarella dan Perdana Menteri Georgia Meloni hadir untuk memberikan penghormatan. Ajudan terdekat Benediktus, Uskup Agung Georg Ganswein, duduk di bangku pertama di samping jenazah bersama keluarga Benediktus dan petugas medis yang merawatnya di hari-hari terakhirnya. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Saya harus datang,” kata Sri, seorang wanita yang berkunjung dari Jakarta, Indonesia, kepada Reuters.  “Dia adalah paus dan saya seorang Katolik,” katanya.

Benediktus akan disemayamkan sampai Rabu (4/1) malam.  Pemakamannya akan diadakan pada Kamis (5/1) di Lapangan Santo Petrus dan dipimpin oleh Paus Fransiskus.  Vatikan mengatakan, itu akan menjadi upacara yang sederhana, khusyuk dan tenang sesuai dengan keinginan Benediktus. 

Berita Lainnya:
Perombakan Kabinet, Menlu Thailand Mengundurkan Diri 

Jenazah Benediktus, yang mengenakan jubah liturgi merah dan emas ditempatkan di mimbar sederhana. Dua orang Garda Swiss berdiri tegak di kedua sisi jenazah. Tidak ada lambang kepausan atau tanda kebesaran, seperti tongkat uskup, tongkat perak dengan salib, atau pallium di sekitar jenazah Benediktus.

Sebelumnya lambang kepausan berada di tubuh Paus Yohanes Paulus ketika disemayamkan pada 2005. Tidak diketahui apakah salib pastoral atau barang-barang lain yang digunakan Benediktus akan dikuburkan bersamanya.

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengatakan, Benediktus akan dimakamkan sesuai dengan keinginannya di tempat yang sama di ruang bawah tanah, di bawah Basilika Santo Petrus. Itu adalah tempat Paus Yohanes Paulus II awalnya dikebumikan pada 2005 sebelum jasadnya dipindahkan ke sebuah kapel di basilika pada 2011. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi